Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Akreditasi B Untuk Fakultas Hukum

    2015-05-05 13:04:20
    Images

    Akreditasi B untuk Fakultas Hukum

               

    Berita gembira menyelimuti sivitas akademika Fakultas Hukum khususnya dan Universitas Flores (Uniflor) umumnya. Fakultas Hukum Uniflor yang memiliki Program Studi Ilmu Hukum mendapatkan status akreditasi dengan peringkat B. Status akreditasi B ini tertuang dalam SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 149/SK/BAN-PT/Ak-SURV/S/V/2014 tertanggal 23 Mei 2014. SK akreditasi B ini berlaku surut terhitung 1 Februari 2014 sampai 31 Januari 2019. Dengan berlaku surut ini maka alumnus Fakultas Hukum yang diwisuda pada 22 Maret 2014 yang lalu dalam ijazah sarjana dan transkrip nilainya tercantum akreditasi B.

    Status akreditasi B ini diperoleh melalui proses yang panjang dan kerja keras bersama. Dekan Fakultas Hukum Uniflor, Christiana Sri Murni, S.H, M.Hum, menceritakan, berkas-berkas borang fakultas dan program studi diantar ke BAN-PT pada bulan Maret 2013. Tim asesor yang berjumlah dua orang profesor datang melakukan visitasi ke Fakultas Hukum Uniflor pada 21 Oktober 2013, bertepatan dengan Pilkada Kabupaten Ende. Hasil visitasi ini,  Fakultas Hukum Program Studi Ilmu Hukum mendapat nilai 299 dengan akreditasi peringkat C. Tinggal 2 nilai saja untuk mendapatkan akreditasi peringkat B, yakni minimal 301.

    Karena penasaran tinggal 2 nilai saja untuk mendapatkan peringkat B, maka Fakultas Hukum melakukan upaya banding ke BAN-PT. Pada 17 Maret 2014 diantar lagi berkas-berkas banding sebagai hasil penyempurnaan dan penambahan. Berdasarkan berkas-berkas banding itu, tim asesor yang berjumlah empat orang datang lagi melakukan visitasi ulang ke Fakultas Hukum pada 16-18 Mei 2014. Hasil visitasi ulang inilah yang menetapkan Fakultas Hukum Program Studi Ilmu Hukum mendapat akreditasi baru dengan peringkat B.

    Jajaran sivitas akademika Fakultas Hukum Uniflor pantas merasa bangga dan bersyukur atas peringkat B ini. “Dengan akrediatasi B ini, banyak hal akan kami lakukan.  Misalnya kami bisa merencanakan kemungkinan untuk membuka Program S-2 atau Magister Ilmu Hukum, bekerja sama dengan perguruan tinggi lain. Selama ini memang ada beberapa PTN yang menawarkan kerja sama membuka Program S-2, hanya syaratnya Program S-1 minimal akreditasi B,” kata Dekan Fakultas Hukum Uniflor di ruang kerjanya pada Jumat, 13 Juni 2014. Profisiat kepada para dosen, pegawai, mahasiswa, dan alumni Fakultas Hukum yang telah bekerja sama mendapatkan akreditasi B ini. (ani).(Suara Uniflor, Flores Pos,Sabtu,14/6/2014).

               

Berita Terkait