Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Akreditasi B untuk PBSI Uniflor

    2015-11-02 08:31:42
    Images

    Akreditasi B untuk PBSI Uniflor

     

              Awal Juni 2015 ini berita gembira diterima keluarga besar Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Flores (Uniflor). Lewat Surat Keputusan (SK) Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor  118/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2015, tanggal 28 Maret 2015, Prodi PBSI Uniflor mendapatkan status Akreditasi B. Para mahasiswa, dosen, pegawai, dan alumni Prodi PBSI Uniflor menyambut gembira status akreditasi B ini.

                Akrediasi B diperoleh melalui proses yang agak panjang. Ketua Prodi PBSI Uniflor, Alexander Bala Gawen, S.P, M.Pd, menjelaskan, hasil akreditasi secara reguler pada bulan September 2013 Prodi PBSI mendapatkan akreditasi C. Hasil ini mengecewakan, tidak sesuai dengan harapan dan kenyataan. Karena tidak puas, Prodi PBSI melakukan “reakreditasi” (akreditasi ulang) dengan melengkapi berbagai kekurangan pada waktu akreditasi reguler.

    Pada September 2014 dikrim berkas reakreditasi ke BAN-PT di Jakarta. Setelah menunggu setengah tahun, pada 7-8 Maret 2015, BAN-PT mengirim dua asesor yang melakukan visitasi ulang di Prodi PBSI Uniflor. Kedua asesor itu adalah Prof. Dr. Haryadi, M.Pd dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Prof. Dr. Rustono, M.Hum dari Universitas Negeri Semarang (Unnes).

                “Kalau kita di Prodi PBSI ini tidak kompak mungkin kita terima saja hasil C pada waktu akreditasi reguler bulan September 2013 lalu. Karena kita kompak, kita bekerja lagi menyiapkan bahan-bahan yang perlu. Pimpinan FKIP, Uniflor, dan Yapertif juga memberi dukungan penuh. Hasilnya menggembirakan kita semua,” kata Bala Gawen dalam rapat internal para dosen dan pegawai PBSI Uniflor pada Senin (1/6/2015). Bala Gawen didampingi Sekretaris Prodi PBSI, Imelda Oliva Wisang, S.Pd, M.Pd (Suster Wilda, CIJ).

    Dengan modal akreditasi B ini, Prodi PBSI Uniflor sudah dapat merencanakan untuk buka Program Studi Pascasarjana (S-2) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Program Studi Pascasarjana (S-2) ini tentu belum bisa mandiri, harus bekerja sama dengan universitas lain, karena syarat jumlah dosen bergelar Doktor (S-3) di Uniflor belum mencukupi.

                Ketua Ikatan Alumni PBSI Uniflor, Gabriel Wulanpari, S.Pd, menyambut gembira akreditasi B ini apalagi rencana untuk membuka Program Studi S-2. Wulanpari menceritakan  bahwa selama ini banyak alumni PBSI Uniflor yang menanyakan, kapan Prodi PBSI Uniflor membuka S-2.

    “Dengan rencana buka S-2 ini maka saya akan kirim SMS kepada teman-teman alumni PBSI Uniflor untuk bersiap-siap ambil S-2 di Uniflor,” kata Wulanpari kepada Suara Uniflor pada Kamis (4/6/2015) yang datang khusus ke Prodi PBSI untuk menyampaikan profisiat kepada Prodi PBSI yang mendapatkan akreditasi B. (ani)

    (Suara Uniflor, Flores Pos, 6 Juni 2015).

     

Berita Terkait