Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Antologi Cerpen Siswa SMA Flores Lembata Diluncurkan

    2015-04-30 11:10:09
    Images

    Antologi Cerpen

    Siswa SMA Flores Lembata Diluncurkan

     

              Buku Antologi Cerpen Siswa SMA Flores Lembata yang berjudul Wajah Indonesiaku (2014) diluncurkan kemudian dibedah oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI) Universitas Flores (Uniflor) pada Sabtu, 29 Maret 2014 di Auditorium Uniflor. Dihadiri oleh puluhan dosen dan 300-an mahasiswa Prodi PBSI Uniflor. Hadir pula Ibu Lusia guru SMAK Regina Pacis Bajawa dan Pak Stefanus Luon guru SMAK Syuradikara Ende. Panitia dikoordinasi oleh dosen PBSI, Veronika Genua, S.Pd, M.Hum, dibantu oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PBSI Uniflor yang dikoordinasi oleh Maximus Riwu.

                Buku antologi cerpen ini merupakan kumpulan 18 cerpen unggulan hasil Lomba Penulisan Cerpen Siswa SMA Sedaratatan Flores Lembata yang diselenggarakan Prodi PBSI Uniflor dalam rangka Peringatan Bulan Bahasa Oktober 2013 yang lalu. Pada waktu itu, sebanyak 27 cerpen yang diterima panitia dari 7 SMA yang tersebar di Flores dan Lembata. Dari 27 cerpen itu, dipilih 18 cerpen unggulan dan dihimpun dalam antologi yang diterbitkan oleh Penerbit Aditya Media Yogyakarta berkerja sama dengan Prodi PBSI Uniflor.

                Setelah dibuka resmi oleh Dekan FKIP Uniflor, Dr. Pius Pampe, M.Hum, buku diluncurkan, diawali dengan membuka selubung kover buku Wajah Indonesiaku pada layar baliho yang terpampang pada latar depan Auditorium. Acara peluncuran buku dipandu oleh tiga orang mahasiswa PBSI Semester VI. Acara peluncuran berlangsung meriah.

                Setelah peluncuran dilanjutkan dengan bedah buku. Acara bedah buku dipandu oleh mahasiswa, Venansius Mbaling, dengan tiga orang dosen PBSI sebagai pembicara (pembedah), yakni (1) Imelda Oliva Wisang, S.Pd, M.Pd (Suster Wilda, CIJ), (2) Alexander Bala Gawen, S.Pd, M.Pd, (3) Drs. Yohanes Sehandi, M.Si.

    Sebanyak 18 cerpen unggulan yang berasal 7 SMA se-Flores dan Lembata yang terhimpun dalam buku antologi ini. Ke-18 cerpen itu adalah (1) “Titik” karya Yosephina Leto Lapilia (SMAK Frater Podor, Larantuka), (2) “Anak Bukit” karya Agustinus Yogi Darmanto Warut (SMA Seminari Kisol, Borong), (3) “Mutiara di Pante Oa” karya Karolina Karmadila (SMAN 1 Larantuka), (4) “Awan Hitam Selimut Bangsaku” karya Donatus Doni Koli (SMA Seminari Kisol), (5) “Ayah, Ibu Kumohon” karya Dewi Muda Makin (SMAN 1 Larantuka), (6) “Beda itu Indah” karya Hady Ongan (SMAN 1 Maumere), (7) “Bidadari Gang Sebelah” karya Eugenius Besli (SMA Seminari Kisol), (8) “Bintang di Gubuk” karya Yohanes Eduardus Loli Ofong (SMAN 1,  Larantuka), (9) “Sang Pinjakan” karya Megaayu Widyastuti (SMAK Syuradikara, Ende), (10) “Langit Jingga” karya Yosefa Agnes Yollanda Neonbesi (SMAN 1, Maumere), (11) “Nipi sang Pemimpi” oleh Godefridus Yulian Garung (SMA Seminari Kisol), (12) “PelangI Sehabis Badai” karya Yunuari Flaviana Gembo (SMAK Santu Klaus Kuwu, Ruteng), (13) “Kunamakan Perjuangan” karya Yeremias Apriliano Santoso (SMA Seminari Kisol), (14) “Setinggi Bintang di Langit” karya Claudia Gracia Ngambut (SMAK Santu Klaus Kuwu,  Ruteng), (15) “Teki” karya Elisabeth Aliandu (SMAK Podor, Larantuka), (16) “Tersenyumlah Wajah Indonesiaku” karya Andreas Royolus Pan (SMA Seminari Kisol), (17) “Tiga Warna” Yunike Pandjara (SMAK Syuradikara, Ende), (18) “Wajah Lingkunganku” karya Angelicha Maria Sole (SMAK Regina Pacis, Bajawa). (ani).(Suara Uniflor, Flores Pos, Sabtu,5/4/2014).                                 

     

Berita Terkait