Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Asosiasi Tradisi Lisan Flores Ende Terbentuk di Uniflor

    2016-05-25 10:32:26

    Masyarakat Flores dan Lembata, juga NTT pada umumnya memiliki kebudayaan yang beraneka ragam. Sebut saja, keanekaan bahasa, sastra, dan lingkungan sosial kultural yang khas. Masyarakat di wilayah ini pun sangat menjunjung tinggi tradisi oral sebagai media atau wadah pentradisian berbagai keanekaan tersebut. Dalam rangka menjaga kelestariannya, terutama demi memberikan sumbangan yang signifikan untuk keseimbangan tradsi oral dan tulis, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), FKIP, Universitas Flores, Ende membidani lahirnya Asosiasi Tradisi Lisan Flores Ende (ATLFE). Asosiasi ini bertujuan untuk menulis, meneliti, memainkan, dan mendokumentasikan segala hal yang berhubungan dengan budaya, bahasa, sastra, sejarah, biografi, dan berbagai pengetahuan, serta jenis kesenian lain yang disampaikan dari mulut ke mulut, tutur Dra. Maria Marietta Bali Larasati, M.Hum., Ketua Asosiasi Tradisi Lisan Flores Ende di Prodi PBSI Uniflor Ende (16/3).

    “Tradisi lisan yang menjadi konsentrasi pekerjaan asosiasi ini mencakup cerita rakyat, tekai-teki, peribahasa, nyanyian rakyat, mitologi, legenda, sistem kognitif kebudayaan, seperti sejarah, hukum, pengobatan, termasuk berbagai arsitektur rumah adat yang telah menjadi pengetahuan bersama masyarakat Flores dan Lembata. Menandai kelahiran Asosiasi ini, pengurus mengundang Ketua Asosiasi Tradisi Lisan (ATL) Indonesia Prof. Pudentia Maria Purenti Sri Sunarti,M.A., untuk melantik pengurus Asosiasi Tradisi Lisan Flores Ende (ATLFE) yang menurut rencana akan dilaksanakan pada Selasa, tanggal 22 Maret 2016, di Auditorium H.J.Gadi Djou Uniflor Ende. Menurut Eta, selepas pelantikan akan dilanjutkan dengan kuliah umum yang diberikan oleh Prof. Prdentia.

    Adapun susunan Pengurus Asosiasi Tradisi Lisan Flores Ende (ATLFE), meliputi Pelindung/Penasihat Prof. Dr. Stephanus Djawanai,M.A., Dr. Laurentius D.Gadi Djou,Akt, dan Dr.Simon Sira Padji,M.A., dengan Pembinanya adalah Dr.Kanis Rambut,M.Hum., dan Dr.Petrus Pita, M.Hum. Pengurus Inti Ketua Dra. Maria Marietta Bali Larasati, M.Hum., Wakil Ketua Drs. Sehandi Yohanes,M.Si., Sekretaris Imelda Oliva Wisang,S.Pd.,M.Pd., dan Bendahara Josephina Nirma Rupa,S.Pd.,M.Pd. Asosiasi ini dilengkapi dengan beberapa bidang, antara lain Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Bidang Pelatihan, Bidang Penerbitan dan Jurnal, Bidang Seminar dan Diskusi, Bidang Drama dan Film, dan Bidang Pengembangan Kurikulum. (abg).

    Berita telah diterbitkan pada Rubrik Suara Uniflor pada Harian Umum Flores Pos  edisi 18 Maret 2016. Rubrik dikelola oleh UPT Humas dan Publikasi Uniflor.

     

Berita Terkait