Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • BEKAL CALON MAHASISWA BARU : DARI BUDAYA SAMAI PLAGIARISME

    2017-09-20 12:42:34
    Images

    Bekal Calon Mahasiswa Baru:

    dari Budaya sampai Plagiarisme

     

     

    FOTO:  Dr. Natsir B. Kotten, M.Pd. , saat menyampaikan materi di hadapan peserta PKKMB,  Rabu (16/8/2017)

    Janganlah suka melapor satu sama lain, itu bukan budaya Uniflor. Daripada melaporkan orang lain, lebih baik kita memfokuskan diri pada apa yang sedang dikerjakan. Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Natsir B. Kotten, M.Pd., saat menyampaikan materi di hadapan 1.100 calon mahasiswa baru Universitas Flores (Uniflor) dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), Rabu (16/8/2017). Natsir menyampaikan materinya yang bertajuk Pengenalan Nilai Budaya, Tata Krama, dan Etika Keilmuan.

    “Sebagai mahasiswa kelak, Anda diharapkan tidak menanggalkan budaya dari daerah masing-masing, selalu menghargai perbedaan budaya dengan teman-temanmu yang berasal dari berbagai daerah di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan sekitarnya. Karena itulah Anda ada diantara orang lain”, kata Natsir.

    Salah seorang peserta PKKMB, Natalia Mudamakin mengajukan pertanyaan tentang menghargai budaya terkait situasi terkini usai perhelatan Liga III El Tari Memorial Cup 2017. Natsir mengatakan bahwa semangat olahraga dan perbedaan budaya (masing-masing tim yang berlaga) boleh terjadi di dalam Stadion Marilonga karena setiap orang tentu ingin mendukung tim jagoannya, tetapi di luar Stadion Marilonga setiap orang haruslah tetap menghargai keragaman budaya, saling menghargai, dan menjaga tata krama. 

    Pada sesi lain, Dr. Willybrordus Lanamana, M.M.A. menyampaikan materi bertajuk Plagiarisme. Willy menjelaskan bahwa sebagai mahasiswa, dalam menulis karya ilmiah (skripsi), tidak boleh memplagiasi tulisan orang lain, baik itu mengutip sebagian atau seluruh karya ilmiah tersebut. Jika memang dalam karya ilmiah harus ada kutipan, mahasiswa haruslah menulisnya sebagai bukti pertanggungjawaban ilmiah, selain berfungsi untuk memperkaya tulisan atau karya ilmiah yang sedang dikerjakan.

    Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan kegiatan wajib yang diikuti oleh calon mahasiswa baru sebelum berstatus mahasiswa aktif. Pada Sabtu (12/8/2017) telah dilaksanakan Pra-PKKMB yaitu long march yang dimulai dari Lapangan SMAK Syuradikara dan berakhir di Lapangan Futsal, Kampus III, Uniflor, sedangkan PKKMB dilaksanakan Senin (14/8/2017) dan berakhir Senin (21/8/2017).(2teh)..

Berita Terkait