Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • BEM Fakultas Ekonomi Gelar Seminar Sehari

    2017-12-12 13:08:17
    Images

    BEM Fakultas Ekonomi Gelar Seminar Sehari

     

     

    SEMINAR SEHARI: Yohanes Aryo Wijanarko, S.H., M.M., M.H., sedang menyampaikan materi pada Sabtu (18/11/17).

     

    Bekerja sama dengan KPP Pratama Ende, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi (BEM FE) Universitas Flores (Uniflor) menggelar kegiatan Seminar Sehari bertajuk Pajak Sebagai Sumber Utama Pembiayaan Negara Menuju Kemandirian Bangsa. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Lantai 2 FE pada Sabtu (18/11/17) tersebut menghadirkan dua pemateri yaitu Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan Ditjen Pajak RI–KPP Pratama Ende Yohanes Aryo Wijanarko, S.H., M.M., M.H., dan Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum sekaligus Dosen FE Prodi Akuntansi Yulita Londa, S.E., M.Si., Akt. CA. Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 Wita dan dimoderatori oleh Nuraini Ismail, S.E., M.Aks. tersebut dihadiri oleh mahasiswa FE. Turut hadir Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Gabriel Tanusi, S.E., M.Si. dan Dekan FE Falentina Lucia Banda, S.E., M.Sc.

    Dalam sambutannya Dekan FE mengatakan bahwa mahasiswa FE telah memperoleh pengetahuan tentang perpajakan melalui mata kuliah. Beliau berharap mahasiswa peserta seminar berperan aktif untuk mengikuti kegiatan secara serius dan bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami dari materi yang disampaikan. Dalam kegiatan ini mahasiswa akan mengetahui dari sektor pajak berapa persen yang disumbangkan untuk APBN negara dan kendala apa yang ditemukan selama ini dalam memberikan pemahaman tentang pentingnya pajak kepada masyarakat umum.

    Sebelum memaparkan materinya, Yulita sebagai pemateri pertama menayangkan video tentang pembangunan tol laut di Indonesia dimana masyarakat turut berpartisipasi dalam pembangunannya melalui pajak yang disetorkan. Ia meneruskan dengan pemaparan materi perpajakan secara umum di antaranya tentang regulasi dan kewajiban masyarakat sebagai wajib pajak, serta pengalamannya sebagai wajib pajak pada beberapa perusahaan yang pernah dipimpin.

    Lebih spesifik, Aryo sebagai pemateri kedua menyampaikan pengantar tentang pendapatan APBD Kabupaten Ende pada tahun 2017 yang diperoleh melalui perhitungan khusus. Menurut Aryo, kendala-kendala yang dihadapi selama ini diantaranya adalah kesadaran pajak masyarakat Ende dan Flores yang pada umumnya masih sangat rendah karena pengetahuan yang minim tentang perpajakan, serta beberapa pengusaha belum/tidak membayar pajak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Untuk mengatasi hal tersebut, pihak KPP Pratama Ende melakukan upaya on the spot speed yielding (OSSY) yaitu kegiatan penyisiran di kawasan ekonomi strategis untuk menjaring Wajib Pajak Baru dan mengetahui kondisi usaha Wajib Pajak yang sebenarnya. Selain itu mereka juga melakukan pengawasan, pemeriksaan dan penegakan hukum untuk menggali potensi penerimaan pajak, memberikan efek jera, dan rasa keadilan.

    Dari kalangan mahasiswa, Ketua Panitia kegiatan Seminar Sehari yang menjabat Sekretaris Jenderal 1 BEM FE Agus Purwanto mengatakan bahwa kegiatan ini sangat diperlukan oleh mahasiswa sebagai anggota masyarakat yang kelak akan terjun ke dunia kerja baik itu sebagai PNS maupun sebagai wirausahawan. (2teh).

     

Berita Terkait