Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Bimtek Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi

    2015-04-30 11:35:26
    Images

    Bimtek Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi

             

    Universitas Flores (Uniflor) bersama Yayasan Perguruan Tinggi Flores (Yapertif) sungguh merasa beruntung mendapatkan Bimbingan Teknis Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (Bimtek AIPT) yang berlangsung selama dua hari, Minggu dan Senin (13-14 April 2014) di Aula Lantai 3, Gedung Rektorat, Kampus IV Uniflor.

    Instruktur yang memberikan Bimtek AIPT adalah anggota majelis Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), yakni Prof. Dr. Ir. Mansyur Ma’shum. Jarang sekali BAN-PT memberikan Bimtek untuk satu perguruan tinggi (PT). Biasanya Bimtek diberikan kepada minimal enam PT sebagai peserta. Dengan niat yang tulus membantu PT di Indonesia bagian Timur, Prof. Mansyur Ma’shum yang adalah mantan Rektor Universitas Mataram bersedia datang memberikan bimbingan teknis yang sangat diperlukan para dosen Uniflor pada saat ini. Para peserta Bimtek merasa puas atas bimbingan dan petunjuk yang diberikan.

    Dibuka secara resmi oleh Pembantu Rektor I, Dr. Natsir B. Kotten, M.Pd pada Minggu, 13 April 2014, pukul 11.00. Selanjutnya Prof. Mansyur Ma’shum memberikan Bimtek didampingi Pembantu Rektor III Uniflor, Sakura Alfonsus, S.H, M.H. Di samping memberikan Bimtek AIPT, Prof. Mansyur juga memberikan Bimtek Akreditasi Program Studi (Bimtek APS). Pada saat Bimtek inilah baru para dosen mengetahui secara jelas tata cara mempersiapkan diri, mengisi borang akreditasi, mekanisme dan prosedur mengajukan akrediasi, mengajukan banding, mengajukan re-akreditasi, baik untuk akreditasi institusi maupun akreditasi program studi.

    Pada saat ini memang Uniflor secara kelembagaan tengah mempersiapkan berbagai dokumen yang perlu sebagai persiapan mengajukan AIPT yang batas akhirnya pada 10 Agustus 2014. Tim sudah dibentuk dan kini sedang bekerja. Pada saat ini sebagian besar Prodi di Uniflor juga tengah mempersiapkan diri untuk mengajukan re-akreditasi terhadap Prodi yang masih akreditasi C. Lewat Prof. Mansyur, BAN-PT memberi kesempatan kepada semua Prodi di Uniflor untuk mengajukan re-akreditasi.

    Sekadar untuk diketahui, pada saat ini Prodi Ilmu Hukum pada Fakultas Hukum Uniflor sudah mengajukan banding ke BAN-PT atas akrediasi C (dengan total nilai 299) yang diterima dua bulan lalu, padahal tinggal dua angka saja (minimal 301) untuk mendapatkan akreditasi B. Semua kelengkapan banding sudah diantar langsung ke BAN-PT oleh Dekan Fakultas Hukum, Christiana Sri Murni, S.H, M.Hum pada pertengahan Maret 2014 lalu.

    Di tengah kesibukan memberikan materi Bimtek, Prof. Mansyur Ma’shum melakukan peninjauan ke Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum dan ke Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP, Uniflor. Menurut Prof. Mansyur, kedua Prodi ini sangat layak untuk mendapatkan akreditasi B. Hanya menurut beliau, kedua prodi ini kurang cermat mengisi borang akreditasi sehingga banyak item yang tidak terisi padahal sebetulnya bisa diisi. Beliau mendorong Prodi PBSI Uniflor untuk segera melakukan re-akreditasi dengan batas akhir Agustus 2014. Sedangkan untuk Prodi Ilmu Hukum tinggal menunggu berita lebih lanjut karena semua berkas banding sudah dipelajari BAN-PT. (ani).(Suara Uniflor, Flores Pos, Kamis,17/4/2014).

Berita Terkait