Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Budaya, Etika, dan Moral Dalam Masyarakat

    2017-07-21 09:11:57
    Images

    Budaya, Etika, dan Moral dalam Masyarakat

     

     “Kita tidak boleh memaksa budaya kita ke dalam kelompok masyarakat yang kita masuki. Yang diharapkan dari kita adalah melakukan adaptasi atau penyesuaian diri agar tidak terjadi benturan dengan budaya yang ada di masyarakat itu. Apalagi sebagai mahasiswa, Anda mesti lebih mawas diri dalam kehidupan di tengah masyarakat”. Hal demikian ditandaskan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Simon Sira Padji, M.A., dalam sesi pembekalan kuliah kerja nyata (KKN) bagi mahasiswa Universitas Flores 2017, Senin (12/6) di Auditorium H.J. Gadi Djou Universitas Flores.

    Menurut Simon, menguasai ilmu saja tidak cukup. Ilmu mesti dikonkritisasi dalam perilaku, sikap, dan tindakan kita. Oleh karena itu, budaya, etika, dan moral merupakan bagian konkrit dari cara untuk mengamalkan ilmu. Perilaku dan sikap, serta tutur kata yang tampak menunjukkan kepada orang lain bahwa kita adalah insan yang berbudaya, memiliki etika, dan menjunjung tinggi moral kemanusiaan.

    Sebagai sebuah lembaga perguruan tinggi, Universitas Fores telah mencanangkan visi besar untuk menjadikan semua insan akademik di lembaga ini sebagai mediator budaya. Menjadi jembatan dan penghubung budaya, antara budaya lokal atau tradisional dengan budaya modern. Mampukah Anda untuk menjadikan diri Anda sebagai mediator budaya dimaksud? Tantang Simon di hadapan 1.020 mahasiswa peserta kuliah kerja nyata (KKN). Untuk maksud itulah, papar Simon yang juga Pelaksana Harian Rektor Universitas Flores, mahasiswa mesti bisa menempatkan diri secara wajar di lokasi KKN. Kehadiran Anda di sana mesti membawa spirit kedamaian dan setia belajar dari masyarakat. Anda tidak menjadi mahasiswa yang tahu segalanya. Selalu menjaga dan memelihara hubungan baik dengan segenap warga. Sebab, Anda hadir membawa nama lembaga. “Saya ingatkan Anda agar menjaga nama baik lembaga Universitas Flores juga nama baik warga masyarakat di sana”, harapnya menutup sajian materi  dengan topik “Budaya, Etika, dan Moral dalam Kehidupan Bermasyarakat”. (@bg).

     

Berita Terkait