Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Cerita KKN di Kelurahan Onekore, Dari Lomba Naro Sampai Malam Kesenian

    2016-09-07 08:12:51
    Images

    Sejumlah 16 peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2016 Universitas Flores (Uniflor) ditempatkan di Kelurahan Onekore, Kecamatan Ende Tengah, Kabupaten Ende. 16 peserta KKN berasal dari berbagai program studi di Uniflor, yaitu Prodi PGSD, Prodi Matematika, Prodi Sejarah, Prodi PendidikanBahasa dan Sastra Indonesia, Prodi Akuntansi, Prodi Teknik Sipil, Prodi Fisika, dan Prodi Ilmu Hukum. Sejak penyerahan pada Senin (8/8/2016) oleh Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Hermanus Reo, S.E., M.Sc., kepada Lurah Kelurahan Onekore Yohanes Berchmans K. Hami, S.E., peserta KKN telah melakukan dan mengikuti pelbagai kegiatan.

    Koordinator Desa, Ossy, mengatakan bahwa program kerja yang telah dilakukan oleh peserta KKN diantaranya kerja bakti, membetulkan bedeng tanaman di depan kantor sementara Kelurahan Onekore, mengecat pagar bedeng, dan membantu pekerjaan administrasi. Beberapa kegiatan yang telah diprogramkan dan akan dilakukan adalah sosialisasi tentang narkoba, dan mendaur ulang sampah rumah tangga (botol plastik, kardus, majalah, kaleng, dan lain-lain) menjadi barang bernilai ekonomis. Sedangkan kegiatan yang dilaksanakan oleh Kelurahan Onekore yang diikuti oleh peserta KKN adalah Lomba Naro dan Malam Kesenian dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia yang ke-71.

    Dalam kegiatan Lomba Naro yang dilaksanakan pada Jumat (12/8/2016), peserta KKN turut terlibat sebagai pelayan dan master of ceremony (MC). Lomba Naro yang dibuka dengan resmi oleh Wakil Bupati Ende Drs. Djafar H. Achmad, M.M., tersebut merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Kelurahan Onekore dan diikuti oleh 10 kampung adat suku Ende. Paul dan Ningsih mengatakan bahwa pengalaman perdana menjadi MC adalah pada saat Lomba Naro tersebut.

    Kegiatan peserta KKN 2016 di Kelurahan Onekore memang berbeda dengan lokasi lainnya, pengalaman yang diperoleh pun berbeda. Salah satunya adalah peserta KKN 2016 yang ditempatkan di Desa Manulondo, Ndona, dimana mereka turut mengikuti ritual adat Joro Fata Joka Moka.(2teh).

Berita Terkait