Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Coaching Clinic Proposal Pengabdian Kepada Masyarakat

    2018-04-09 11:51:46
    Images

    Coaching Clinic Proposal Pengabdian kepada Masyarakat                            

     

     

    FOTO: Para dosen Universitas Flores mengikuti Coaching Clinic Proposal Pengabdian kepada Masyarakat, Sabtu (10/3)

     

                Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Flores (Uniflor) baru-baru ini menyelenggarakan kegiatan bertajuk Coaching Clinic proposal PKM hibah Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM), dengan keynote speaker Dr. Ir. I Ketut Widnyana, M.Si., reviewer nasional dari Kemenristek Dikti. Kegiatan berlangsung di Aula Lantai 3 Fakultas Teknologi Informasi, Sabtu (10/3) dihadiri oleh seluruh dosen.

                Untuk merencanakan dan melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berorientasi pada permintaan dan kebutuhan masyarakat, perlu direalisasikan kebijakan yang terkait dengan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Hal ini menjadi upaya LP2M Uniflor mendorong para dosen mempertajam, mengefektifkan, dan mengefisienkan pelaksanaan program-program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PkM) melalui aneka skim penelitian dan PkM yang ada di Dikti.

                Coaching clinic proposal PkM diselenggarakan untuk membantu dosen Uniflor, khususnya mengevaluasi pengabdian masyarakat dengan memaparkan proposal yang telah dibuat. Menurutnya, Dr.Ir.I Ketut Widnyana, M.Si., dampak dari kegiatan pengabdian masyarakat sangat besar dalam mengenalkan lembaga kepada masyarakat berkenaan proses interaksi langsung dosen dan masyarakat terkait kerja sama program yang sedang dijalankan bersama, sehingga ada tindak lanjut. Karena konsep utama pengabdian kepada masyarakat adalah pemberdayaan.

                Skema pendanaan, waktu, dan tim pelaksanaan pengabdian masyarakat dibagi dalam tiga kategori, yaitu kategori nasional, kategori desentralisasi, dan kategori penugasan. Masing-masing kategori memiliki biaya, waktu, dan jumlah anggota tim yang berbeda.

                Dr. Ketut juga memberikan informasi mengenai syarat umum mengusulkan skema pengabdian masyarakat, antara lain dosen memiliki kompetensi multidisiplin sesuai dengan bidang yang diusulkan, minimal dua kompetensi. Dosen pengusul juga diwajibkan melibatkan mahasiswa untuk pengabdian yang multi tahun maupun yang mono tahun. Dan, terakhir ilmu pengetahuan dan teknologi yang diterapkan dari hasil penelitian tim pengusul diprioritaskan untuk didanai.

                Di akhir kegiatan, dilaksanakan pembahasan beberapa proposal PkM yang telah disiapkan dosen. Dr. Ketut memberikan sambutan yang positif terhadap presentasi proposal, sambil memberikan catatan tambahan demi perbaikan proposal sebelum dikirim ke Dikti. Beliau mengingatkan bahwa prinsip dasar yang harus dilaksanakan dosen dalam pengabdian kepada masyarakat, yaitu pengabdian yang berbasis kewilayahan, berbasis riset, berdasarkan permasalahan, kebutuhan, dan tantangan dalam masyarakat, adanya sinergi, multidisiplin, kemitraan, kegiatan terstruktur, target luarannya jelas dan dapat diukur,serta berkelanjutan, tuntas, dan bermakna. (Suara Uniflor)

Berita Terkait