Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Dari Taman Remaja ke Taman Renungan Bung Karno

    2015-04-18 21:06:48
    Images

     Dari Taman Remaja

    ke Taman Renungan Bung Karno

     

    Oleh Mukhlis A. Mukhtar, S.T, M.T

    Dosen Program Studi Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik,

     Universitas Flores, Hp 085234543731

     

    Apa yang kita ketahui tentang Taman Remaja yang terletak di pinggir pantai Kota Ende? Saya tidak tahu persis pada tahun berapa Taman Remaja itu dibangun. Yang saya ingat adalah Taman Remaja merupakan tempat bermain anak-anak Kota Ende, terutama pada hari libur. Saya mempunyai pengalaman indah juga di Taman Remaja ini.

    Pada waktu kecil, di dalam Taman Remaja itu saya menjumpai sejumlah fasilitas yang menarik untuk dinikmati, seperti air mancur, kolam berbentuk lingkaran, patung-patung indah yang memiliki nilai seni yang tinggi. Juga ada berbagai pendukung lain yang menarik.

    Seiring dengan perjalanan waktu, Taman Remaja yang indah itu tidak lagi saya dapati sekarang ini. Saya tidak tahu persisnya mengapa. Yang saya lihat sekarang adanya perubahan signifikan dari taman tersebut. Kini sudah mempunyai berbagai fasilitas tambahan yang dibangun pemerintah daerah yang mungkin dianggap bernilai.

    Sebagai contoh, sudah ada Museum Bahari yang berada dalam kompleks Taman Remaja serta sejumlah bangunan baru, seperti rumah adat Ende Lio yang dibangun tentu dengan tujuan tersendiri. Juga ada pemisahan lokasi menjadi dua area. Penambahan tersebut mempunyai nilai estetika tersendiri dari taman tersebut. Setelah dibangun tentu harus dipikirkan bagaimana perawatannya agar tidak terbengkelai, tidak semrawut.

    Yang saya temui sekarang ini taman itu dipagari dengan kawat setinggi satu setengah meter yang di dalamnya terdapat taman tetapi tampak seperti hutan belantara. Pemerintah tidak boleh tutup mata terhadap kondisi tersebut dan harus didukung oleh berbagai elemen masyasarakat Kota Ende. Hal yang menyangkut pembangunan dan perawatan ini haruslah menjadi tanggung jawab pemerintah daerah Kabupaten Ende untuk menambah citra kota ini.

    Penataan kembali taman itu perlu dilakukan. Perlu mencermati  faktor-faktor apa saja yang selama ini menjadi masalah dalam upaya meningkatkan nilai guna dari taman tersebut secara optimal. Masalah-masalah tersebut kemudian dianalisis dan dicarikan solusi yang paling bijaksana. Dalam memetakan masalah-masalah tersebut perlu dilakukan pengujian dan pencermatan yang saksama. Perlu pula dianalisis secara menyeluruh terhadap faktor-faktor penyebabnya, apa akibatnya, apakah masalah masalah tersebut punya keterkaitan atau dampak yang saling mempengaruhi atau tidak.

    Tujuan dari penataan kembali Taman Remaja adalah untuk memaksimalkan peran taman sebagai penggerak pengembangan kawasan sekitar taman serta mampu menampilkan keselarasan dan keseimbangan sebagai satu-kesatuan kawasan dalam kota. Menegaskan bahwa Taman Remaja sebagai salah satu ruang publik di kota Ende. Pada awal pendiriannya memang sudah direncanakan menjadi sebuah pusat hiburan atau rekreasi yang dilengkapi dengan pusat-pusat kegiatan, misalnya tempat olahraga, kantor pemerintahan, disertai jalur transportasi yang mudah terjangkau.

                Pada saat ini Taman Remaja diharapkan mampu menjadi pusat ruang publik dari kawasan dan diatur rapi dan selaras, serta menjadi unsur yang menekankan betapa pentingnya taman tersebut dan sebagai daya tarik untuk aspek-aspek perekonomian dan komersial bagi masyarakat Kota Ende.

    Kini keadaannya mulai berubah. Dahulu bernama Taman Remaja kini sudah berganti nama menjadi Taman Renungan Bung Karno. Hal ini bisa terlihat dari keberadaan penataan seluruh kawasan taman, seperti fasilititas taman yang serba baru. Perubahan ini terjadi setelah melalui proses perancangan mendasar oleh arsitek senior Andra Martin kelahiran Bandung yang dipercaya oleh Yayasan Bung Karno untuk menata kawasan tersebut menjadi Taman Renungan Bung Karno.

    Keberadaan Taman Renungan Bung Karno tentu merupakan angin segar bagi masyarakat Kota Ende karena menjadi ikon baru ruang publik di Kota Ende. Fungsi dan manfaat yang ditimbulkan Taman Renungan Bung Karno Ende, menjadi poin penting dalam perencanaan sebuah kota. Selain berfungsi untuk menjaga kualitas lingkungan perkotaan yang padat aktivitas, taman tersebut dapat menumbuhkan rasa sosialis yang tinggi di dalam lingkungan perkotaan yang kini mengarah pada sifat individualistis.

    Menumbuhkan rasa toleransi tidak hanya terhadap sesama manusia, melainkan terhadap makhluk-makhluk hidup lainnya. Taman yang baik merupakan cerminan kota dengan manusia (masyarakat) yang baik. Masyarakat merupakan aspek penting dalam sebuah kota, sehingga kualitas masyarakat akan mempengaruhi kualitas sebuah kota.

    Selain fungsi dan manfaat keberadaan Taman Renungan Bung Karno setelah direnovasi menimbulkan permasalahan baru, seperti tidak tersedianya tempat pembuangan sampah.  Masyarakat terlihat membuang sampah sembarangan. Para petugas yang ada di lapangan juga tidak terkoordinasi dengan baik dan sistematis,  akibatnya ada fasilitas tertentu seperti lampu taman dan pompa air taman yang hilang begitu saja.

    Hal-hal inilah yang menjadi pekerjaan rumah pemerintah daerah Kabupaten Ende yang mendapat kepercayaan penuh dari Yayasan Bung Karno untuk menjaga  Taman Renungan Bung Karno. Paling tidak sebelum diserahkan, pemerintah daerah Kabupaten Ende sebagai penanggung jawab wilayah admistratif, sudah mempersiapkan langkah langkah strategis untuk mengelola taman tersebut secara profesional.

    (Suara Uniflor, Flores Pos, Sabtu, 17 Januari 2015).

Berita Terkait