Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Digelar, Kuliah Mitigasi Bencana di Fakultas Teknik

    2016-06-25 10:54:30
    Images

    “Kita bisa mengurangi resiko bencana bila kita dapat mengendalikan kerentanan, kapasitas dan resiko dari bencana. Karena gempa atau bencana tidak membunuh tetapi obyeknya yang membunuh”, ungkap Kepala Pusat Studi  Bencana UGM Dr. Djati Mardiatno,M.Si., ketika memberi kuliah tamu kepada mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Flores (Uniflor).  Dr. Djati Mardiatno,M.Si., didampingi I Made Susmayadi,S.Si,M.Sc., dari PSBA (Pusat Studi Bencana Alam) UGM. Kuliah tamu dengan tema Peran Strategis Bidang Keteknikan dalam Mitigasi Bencana, berlangsung di Aula Program Studi Arsitektur, Selasa (21/6), dihadiri oleh mahasiswa, pimpinan fakultas, dan para dosen teknik. Kuliah tamu ini sebagai lanjutan kemitraan Uniflor dengan UGM yang diluncurkan pada Selasa (20/6) di Uniflor, yang ditandai dengan 27 mahasiswa UGM melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) tentang mitigasi dan bencana di Desa Watukamba Kecamatan Maurole, mulai 20 Juni 2016 sampai Agustus 2016 mendatang.

    Permasalahan bidang bencana dapat diselesaikan bila ada inisiasi dengan semua bidang ilmu, dan yang paling dominan adalah ilmu kebumian. Karena itu, menurut  Dr. Djati Mardiatno, M.Si., bidang bencana menjadi ilmu yang seksi, sehingga mahasiswa Fakultas Teknik diberi pemahaman kesadaran global mengenai manajemen bencana, bagaimana pencegahan dan penguatan pada mitigasi struktural, tanggap bencana dengan memberi pertolongan pada korban, dan pascabencana melalui pemulihan akibat bencana. Meski demikian, mitigasi struktural bukan segala-galanya karena masih ada faktor lain yang harus diperhatikan yaitu mitigasi nonstruktural, yakni mengurangi jumlah kematian, mengurangi kerusakan, terutama kerusakan pada infrastruktur kunci seperti jembatan, area pelayanan umum, dan gedung sekolah atau kampus.(oca)


    Berita telah dimuat pada Rubrik Suara Uniflor, kerjasama antara Harian Umum Flores Pos dan Universitas Flores, Edisi 25 Juni 2016.

     

Berita Terkait