Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Dokar Uniflor Lakukan Penghijauan

    2015-04-21 09:24:02
    Images

    Dokar Uniflor Lakukan Penghijauan


             

    Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Flores (LPM Uniflor) dengan Ketua,  Yulita Londa, S.E, M.Si dan Sekretaris, Yohanes P. Luciany, S.E, M.Si, bekerja sama dengan Dokar (dosen dan karyawan) Uniflor (Ketua Ismail Langga), melakukan penghijauan di Desa Mukureku, Kecamatan Lepembusu Kalisoke, Kabupaten Ende. Kegiatan penghijauan berlangsung pada Sabtu, 8 Februari 2014. Di samping melibatkan Dokar Uniflor, kegiatan ini juga melibatkan para mahasiswa Uniflor yang sedang KKN dan masyarakat Desa Mukureku.

    Rombongan Dokar Uniflor yang berjumlah sekitar 250 orang dilepas secara resmi oleh Pembantu Rektor I Uniflor, Dr. Natsir B. Kotten, M.Pd, di depan Auditorium Uniflor. Tepat pukul 07.00, rombongan dengan sejumlah mobil, bis kayu, dan sepeda motor bertolak menuju Desa Mukureku. Sekitar pukul 09.00 tiba di Desa Mukureku, disambut Kepala Desa Mukureku (Benediktus Dewa), para tokoh adat, dan masyarakat setempat. Suasana menjadi hangat tatkala Ketua DPRD Kabupaten Ende, Ir. Marsel Petu, hadir di tengah rombongan. Hadir pula Sekcam Kecamatan Lepembusu Kelisoke, Aldofus Reku dan sejumlah aparat kecamatan.

    Sebelum kegiatan penghijauan dilakukan seremoni adat oleh mosalaki Mukureku berupa pemotongan hewan (ayam) di areal penghijauan sebagai simbol penghormatan dan mohon izin kepada leluhur. Penanaman perdana anakan pohon mahoni dilakukan di halaman Kantor Desa Mukureku oleh Ketua DPRD Ende, Pembantu Rektor I Uniflor, Sekcam Lepembusu Kalisoke, dan mosalaki Desa Mukureku. Sebanyak 1.500 anakan pohon mahoni yang disiapkan Uniflor ditanam disepanjang areal yang tandus dan di sepanjang jalan desa Mukureku.

    Seusai menanam anakan pohon mahoni, dilanjutkan dengan pertemuan berupa diskusi dengan warga masyarakat, berlangsung di gedung SD Mukureku. Diskusi diawali dengan pencerahan yang diberikan Ketua DPRD Ende, Ir. Marsel Petu dan Rektor Uniflor, Prof. Dr. Stephanus Djawanai, M.A, tentang pentingnya menanam pohon. Acara diskusi diakhiri makan siang bersama, tarian gawi dan jai bersama di halaman gedung SD Mukureku.

    Kegiatan terakhir pada Sabtu itu adalah pertandingan bola kaki antara Tim Dokar Uniflor dengan Tim Desa Mukureku, berlangsung pukul 16.00-18.00. Rombongan Dokar Uniflor pulang ke kampus setelah merasakan sehari penuh menikmati suasana lain di desa. Inilah variasi yang bermanfaat, sebagai salah satu bentuk pengabdian masyarakat. (oca).(Suara Uniflor, Flores Pos, Sabtu, 15/2/2014).

Berita Terkait