Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Dosen Tidak Menulis Sama dengan Mati

    2015-05-05 12:46:21
    Images

    Dosen Tidak Menulis Sama dengan Mati

     

    “Dosen tidak menulis sama dengan mati. Orang menulis karena berpikir. Orang yang tidak berpikir, sama dengan mati,” demikian pernyataan dosen senior Universitas Flores (Uniflor) Ende, Drs. Theodorus Uheng Koban Uer, M.Pd.  Pernyataan tajam itu disampaikan  Theo Uheng pada sesi diskusi setelah peluncuran buku Antologi Opini Suara Uniflor 2012-2013 yang berlangsung pada Sabtu, 10 Mei 2014 di Aula Rektorat, Kampus IV Uniflor.

    Ada dua pakar yang jadi narasumber dalam sesi diskusi tersebut. Pertama, Dr. John Dami Mukese, M.M (Pemimpin Umum Harian Flores Pos) dengan topik “Menulis Artikel Opini dalam Surat Kabar dan Majalah.” Kedua, Prof. Dr. Stephanus Djawanai, M.A (Rektor Uniflor) dengan topik “Menulis Artikel Ilmiah dalam Jurnal Ilmiah.”

    Diskusi penulisan ini dihadiri Ketua II Yapertif, Ana Maria Gadi Djou, S.H, M.Hum, sejumlah Pembantu Rektor, para Dekan, dan para dosen selingkungan Uniflor. Juga hadir Pemimpin Redaksi Harian Flores Pos, Pater Steph Tupeng Witin, SVD.

    Pada sambutannya, Ana Maria Gadi Djou mengemukakan, menulis artikel opini  atau artikel ilmiah bukan hal yang mudah bagi banyak orang. Perlu kemauan dan latihan terus-menerus. Ide kreatif seseorang sangat mahal nilainya, perlu kita hargai. Membaca dan menulis membuat kita menjadi kaya akan pengetahuan. “Kami dari Yapertif mengajak semua sivitas akademika Uniflor untuk terus menulis di berbagai media massa yang ada,” kata Ibu Emi Gadi Djou.

    Dalam pemaparan singkatnya, John Dami Mukese menyatakan bahwa manusia penuh makna adalah manusia yang bisa berbagi, antara lain dengan menulis. “Menulislah yang baik agar patut dibaca, berbuatlah yang baik agar patut ditulis.” Beliau mengharapkan agar Uniflor bisa menulis “dari dalam,” yakni melihat ide dan karya pribadi Uniflor. “Contoh yang paling  nyata adalah ide, gagasan, dan karya Bapak H.J. Gadi Djou,” sambungnya. (ak5) .(Suara Uniflor, Flores Pos, Sabtu,17/5/2014).

     

Berita Terkait