Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • FH Uniflor Selenggarakan Seminar Hukum dan Pembangunan

    2016-05-27 11:44:47
    Images

    Bertempat di Lantai 3 Gedung Fakultas Hukum (FH) Uniflor, Kamis 7 Mei 2016, diselenggarakan seminar hukum dan pembangunan di bawah tajuk “Membangun Indonesia Timur Berdasarkan Hukum dan Keadilan”.  Seminar atas kerja sama Wuamesu Jakarta, Alumni FH Universitas  Indonesia ’85, dan FH Uniflor tersebut menghadirkan empat pembicara, Prof.Dr. Satya Arinanto, S.H.,M.H., Dr. Ignatius Iryanto, Melli Darsa, S.H., LLM., dan Dr. Binoto Nadapdap, dan dimoderatori oeh Ketua Wuamesu Jakarta Yosef Badeoda,S,H.,M.H.

    Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Yulita Nobe,S.E., M.Si., saat membuka seminar tersebut, Rektor Uniflor Prof. Dr. Stephanus Djawanai, M.A., menyampaikan tentang mengapa semakin banyak orang bersekolah, namun tetap saja masih ada anak-anak yang malas, bermental cari gampang, kerap melakukan praktik-praktik korupsi, dan fenomena lain yang terus meresahkan bangsa ini. Hemat Stef, satu penyebabnya adalah pendidikan kita di sekolah terlalu abstrak, tidak praktis, lepas, dan bahkan tercerabut dari akar budaya yang menjadi sumber dan penopang kehidupan berbangsa dan bernegara.

    Seminar yang dihadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh pemuda, praktisi hukum, dosen dan mahasiswa tersebut berlangsung menarik mengingat isu hukum dan pembangunan menjadi isu yang ramai dibicarakan di tengah masyarakat. Menjawab pertanyaan peserta tentang hukum tajam ke bawah dan tumpul ke atas, Prof. Satya mengatakan berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi hal ini. Demokrasi ini sedang berproses menuju ke arah yang lebih baik. Sejak diberlakukan otonomi daerah, pemerintah daerah mesti mengetahui betul situasi daerahnya, sehingga tidak melemparkan semua persoalan ke pusat. Ada hal-hal urgensi yang menjadi tanggung jawab kepala daerah. Oleh karena itu, dia mengingatkan untuk memilih kepala daerah dan DPRD yang memiliki kapasitas kemampuan yang baik dalam menciptakan kesejahteraan rakyat, tegas Prof. Satya yang juga Ketua Program Studi Pascasarjana FH Universitas Indonesia itu. (@bg)

    Berita telah diterbitkan pada Rubrik Suara Uniflor, Harian Umum Flores Pos edisi 7 Mei 2016. Rubrik dikelola oleh UPT Humas dan Publikasi Uniflor.


Berita Terkait