Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Fakultas Hukum Gelar Peradilan Semu

    2017-06-07 08:53:13
    Images

    Fakultas Hukum Gelar Peradilan Semu

     

     

    FOTO BERSAMA: Dekan Fakultas Hukum Christiana Sri Murni, S.H., M.Hum., dan para dosen Fakultas Hukum Uniflor foto bersama para peserta Peradialan Semua Angkatan 2016/2017 (13/5).

     

     

                   Pada Sabtu (13/5/17), bertempat di Aula Lantai 3 Fakultas Hukum Universitas Flores (Uniflor), berlangsung kegiatan Pagelaran Peradilan Semu Fakultas Hukum Universitas Flores Periode 2016/2017. Selama 6 jam sejumlah 22 mahasiswa Prodi Ilmu Hukum menggelar 10 sidang yang dimulai dari pembacaan dakwaan hingga putusan. Kasus yang dipilih adalah kasus KDRT dimana sang pelaku dijerat dengan Pasal 44 ayat (3) UU No. 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Hukum Christiana Sri Murni, S.H., M.Hum., Wakil Dekan Ernesta Arita Ari, S.H., M.Hum., Kaprodi Yohanes Pande, S.H., M.H., Ketua Panitia Peradilan Semu Periode 2016/2017 Paulinus Seda, S.H., M.H., serta sejumlah dosen, karyawan, dan tamu undangan yang lain.

    Dalam laporannya Ketua Panitia Paulinus Seda, S.H., M.H., menyampaikan proses peradilan semu sejak masa persiapan hingga pagelaran. Dikatakan bahwa pembukaan pendaftaran peserta peradilan semu dimulai tanggal 1 Februari 2017 dan ditutup 13 Februari 2017. Sebelum menggelar peradilan semu mahasiswa mengikuti bimbingan dan latihan oleh dosen yang jadwalnya telah ditetapkan yang dilakukan 3 kali seminggu (Senin, Rabu, dan Jumat). Selain hari dan tanggal yang sudah ditetapkan dalam kalender kegiatan peradilan semu, bimbingan dan latihan diadakan di luar jadwal atas kesepakatan bersama.

    Sementara itu Dekan Fakultas Hukum Christiana Sri Murni, S.H., M.Hum., dalam sambutannya mengatakan bahwa pemilihan kasus KDRT oleh mahasiswa sangat tepat karena KDRT sering terjadi dalam masyarakat. Hal ini sebagai upaya pembelajaran bagi mahasiswa untuk bisa mendalami sekaligus mensosialisasikan UU No. 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga. Pada kesempatan yang sama beliau mengucapkan terima kasih kepada Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Flores (Yapertif), Rektor Uniflor) Ketua Panitia Peradilan Semu, serta semua dosen, karyawan dan mahasiswa Fakultas Hukum yang terlibat menyukseskan kegiatan tersebut. Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 Wita tersebut berakhir pada pukul 16.00 Wita yang ditandai dengan kegiatan penutupan dan foto bersama (2teh).

     

     

     

     

Berita Terkait