Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Fakultas Pertanian Uniflor Laksanakan Abdimas

    2016-07-02 11:25:13

    Sebanyak 150 Mahasiswa Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian Uniflor melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (Abdimas) di Desa Wawowae, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada. Abdimas berlangsung sejak 30 Juni–1 Juli 2016 mendatang. Desa Wawowae dipilih sebagai lokus Abdimas karena karakteristik lahan pertaniannya adalah lahan kering dengan tanaman kopi sebagai komoditas utama. Pilihan lokasi ini sangat relevan dengan teori pertanian lahan kering yang telah dipelajari oleh mahasiswa Faperta. “Harapan saya, mahasiswa bisa mengimplementasikan ilmu, tahu kondisi pertanian, dan tahu kondisi masyarakat,” ungkap Yustina Maria Silvia Wonga Pu’u, S.P.,M.P., Dekan Faperta, ketika ditemui di titik keberangkatan rombongan, Kampus 1 Uniflor, pada Kamis (30/06). 

    Mahasiswa Agustina Angela Diaz selaku Sekretaris Panitia Pelaksana menyampaikan bahwa pihaknya telah mempersiapkan Abdimas selama satu bulan. Lebih lanjut, mahasiswi pada semester 6 ini mengharapkan agar seluruh peserta bisa berpartisipasi aktif membantu masyarakat lewat semua kegiatan yang telah diagendakan.

    Kegiatan di lokasi Abdimas di antaranya penyuluhan pertanian, pelatihan, bakti sosial, dan pertandingan persahabatan (sepak bola). Penyuluhan pertanian menghadirkan empat dosen dengan topik yang berbeda yaitu: Dr. Imaculata Fatima, M.MA dengan topik Agribisnis Kopi. Yustina Maria Silvia Wonga Pu’u, S.P., M.P tentang Hama dan Penyakit pada Tanaman Kopi, Josina Irene Brigetha Hutubessy, S.P., M.Si tentang Budidaya Tanaman Kopi, dan Charly Mutiara, S.P.,M.Si tentang Pemanfaatan Limbah Tanaman Kopi Sebagai Pupuk Organik. Sementara pelatihan pertanian yang melibatkan mahasiswa difokuskan pada pembuatan pupuk, pestisida organik dan pelatihan pemangkasan dan sambung pucuk kopi. Abdimas ini juga didukung oleh tiga orang alumni Faperta yang saat ini tengah bertugas sebagai Petugas Penyuluh Pertanian (PPL) di Kabupaten Ngadha. (eka)


    Berita telah dimuat pada Rubrik Suara Uniflor, Harian Umum Flores Pos Edisi 2 Juli 2016. Rubrik dikelola oleh UPT Humas dan Publikasi Uniflor.

Berita Terkait