Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Faperta Ikut Pameran di Hari Pangan Sedunia

    2015-05-11 11:08:56

    Faperta Ikut Pameran di Hari Pangan Sedunia

     


                Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh Pertanian (BKP3) Kabupaten Ende kembali menyelenggarakan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-34 tingkat Kabupaten Ende, di Lapangan Bola Kaki Pu’umbara, Desa Raterua, Kecamatan Ende Utara, Rabu (8/10).Kegiatan tahunan ini bertujuan untuk membangun ketahanan pangan di Kabupaten Ende dengan mewujudkan kesejahteraan masyarakat khususnya ketersediaan pangan demi pemenuhan kebutuhan penduduk dalam jumlah gizi, mutu dan harga yang memadai.

    Dengan membuka stand –stand pameran pangan lokal dari berbagai kelompok, komunitas maupun lembaga yang mendukung peringatan HPS, diantaranya Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Flores. Beberapa dosen dan mahasiswa dari Faperta membuka Stand pameran pangan dengan memamerkan beberapa materi pameran seperti pupuk organik cair, PGPR (perangsang mikroba dalam tanah), Biopestisida, Agen Hayati, Benih Lokal (biji padi, jewawut), sirup jambu mete, dan abon jambu mete, dilengkapi brosur pengolahan produk hasil pertanian.

    Dari animo pengunjung bisa dilihat tertarik pada pengolahan sirup dan abon dari jambu mete, termasuk dari Disperindag dan Badan POM yang wacananya akan menjalin kerjasama dengan Faperta Uniflor membuat pelatihan dan sosialisasi mengolah sirup dan abon dari buah semu jambu mete kepada masyarakat, mengingat petani penghasil jambu mete hanya memanfaatkan biji jambu saja, sedang buah semunya hanya menjadi makanan ternak, atau dibuang tanpa dimanfaatkan. Karena itu mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Flores mencoba mengolah buah semu dari jambu mete dijadikan sirup dan abon yang dapat meningkatkan pendapatan petani selain dari hasil biji jambunya saja.

                Faperta Uniflor tiap tahunnya selalu mendukung dan turut berpartisipasi pada perhelatan Hari Pangan Sedunia tingkat Kabupaten Ende. Menurut Dekan Faperta Murdaningsih.SP.,MP bisa mendukung peringatan Hari Pangan Sedunia merupakan kebanggaan tersendiri karena dapat membantu pemerintah dalam mewujudkan pembangunan ketahanan pangan dan merupakan salah satu bentuk dari pengabdian masyarakat, disamping sosialisasi dan promosi lembaga Pendidikan Universitas Flores, Fakultas Pertanian khususnya. Dengan mengarah pada hasil lulusan Sarjana Pertanian bukan hanya berharap dapat bekerja sebagai pegawai negeri atau pegawai swasta saja, tetapi bisa jadi wisudawan dengan diversifikasi hasil-hasil pertanian. Beliau juga berharap dalam usaha pengembangan pertanian dan pangan ada perencanaan terpadu dan bersinergi antara pemerintah, LSM, pengusaha, dan Lembaga Pendidikan khususnya.(oca).(Suara Uniflor,Flores Posa,Sabtu,11/10/2014).

Berita Terkait