Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Faperta Uniflor Gelar Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Internasional

    2016-09-07 08:47:35
    Images

    Dalam rangka memperingati hari ulang tahun atau Dies Natalis Fakultas Pertanian Universitas Flores yang ke-10, panitya menggelar pelatihan penulisan artikel jurnal Internasional dengan mengundang Prof. Rosichon Ubaidillah, Staf Pusat Penelitian Biologi-LIPI Jakarta.

    Dalam pemaparannya Prof. Rosichon Ubaidillah menekankan pentingnya dosen melakukan penelitian. Dari penelitian tersebutlah akan menjadi cikal bakal lahirnya artikel ilmiah yang bisa dipublikasikan ke jurnal nasional, maupun internasional. Menurutnya, “Kalau proses ini dilakukan secara baik oleh dosen, maka beberapa keuntungan bisa diperoleh, yaitu penulis mendapat cetakan ulang dari aslinya sebanyak 25 eksemplar, biayanya gratis, pendaftaran dilakukan secara online, dan mendapatkan kredit point”. Oleh sebab itu, Prof. Rosichon mengingatkan para peserta (dosen) untuk tidak berhenti melakukan penelitian sebagai implementasi dari salah satu tri darma perguruan tinggi. Dari aspek kelayakan pemuatan sebuah artikel di jurnal internasional, Prof Rosichon menjelaskan strategi-strategi jitu yang bisa ditempuh penulis artikel. Selain itu, substansi tulisan dari masing-masing komponen juga mendapat perhatian Prof. Rosichon adalah introduction (pengantar), materials and methods atau methodology, penulisan hasil dan pembahasan (results and discussion), membuat conclusions (kesimpulan) yang baik, serta penulisan references (referensi).

    Sebelum menutup kegiatan pelatihan artikel jurnal internasional Prof. Rosichon Ubaidillah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Universitas Flores, dalam hal ini, Fakultas Pertanian yang telah bersedia mengundangnya untuk bisa berbagi pengetahuan tentang bagaimana membangun sumber daya manusia khususnya dari segi penulisan karya ilmiah sebagai buah hasil karya kaum intelektual. (As)

Berita Terkait