Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Flopala Buka Jalur Susur Sungai

    2017-03-17 09:43:56
    Images

    Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II bekerja sama dengan Universitas Flores (Uniflor) menggelar berbagai kegiatan memperingati Hari Air Sedunia (World Water Day) 2017 yang jatuh pada tanggal 22 Maret nanti. Selain Uniflor, pihak yang turut bekerja sama dengan Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II di antaranya Pemda Ende, Balai Lingkungan Hidup, TNI dan Polri, juga Bank NTT. Salah satu kegiatan yang akan digelar pada Sabtu (18/3) adalah Susur Sungai Wolowona. Untuk menyukseskan kegiatan ini, Uniflor menurunkan Flopala (Flores Pecinta Alam dan Mapala Uniflor) untuk membuka jalur kegiatan tersebut.

    Pengurus Flopala, Kiki Arubone, mengatakan bahwa susur sungai merupakan salah satu divisi yang pasti ada dalam tubuh Mapala selain susur gua dan susur pantai. Membuka jalur susur sungai dilakukan dengan penuh perhitungan dan perencanaan matang karena jauh lebih sulit dari membuka jalur untuk kegiatan trekking dan hiking. Flopala harus menentukan titik koordinat, mencari jalur aman di sungai agar terhindar dari arus deras, mencari titik terdangkal, hingga menyiapkan lokasi istirahat yang menyediakan P3K. Saat diwawancarai oleh Tim Suara Uniflor, Kamis (16/3) Kiki menjelaskan bahwa anggota Flopala telah membuka jalur sejauh kira-kira tiga kilometer. Titik star susur sungai dari Kilometer 8 hingga muara di Pantai Mbu’u. “Terima kasih karena Flopala diberi kepercayaan untuk melakukan kegiatan ini dari panitia dan Bapak Ketua Umum Yayasan Perguruan Tinggi Flores Lori Gadi Djou,” tandas Kiki di akhir wawancara.

    Hari Air Sedunia merupakan perayaan yang ditujukan menarik perhatian publik tentang pentingnya air bersih dan usaha penyadaran untuk pengelolaan sumber air bersih yang berkelanjutan. Seperti dilansir dari situs PBB, Hari Air Sedunia diperingati setiap tanggal 22 Maret sejak tahun 1993. Inisiatif  Hari Air Sedunia direkomendasikan pertama kali dalam Sidang Umum PBB ke-47 perihal lingkungan hidup dan pembangunan (UNCED atau lebih dikenal dengan nama Eart Summit) pada 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brasil yang direspon oleh Majelis Umm PBB melalui Resolusi Nomor 147/1993 dengan menetapkan 22 Maret 1993 sebagai perayaan pertama kali Hari Air Sedunia. Sejak itulah Hari Air Sedunia mulai diperingati oleh negara-negara anggota PBB setiap tanggal 22 Maret dan mengusung berbagai tema yang relevan dengan kondisi di masing-masing wilayah. (2teh).

Berita Terkait