Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Geliat Fakultas Pertanian Uniflor dalam Upaya Meningkatkan Kualitasnya

    2015-09-25 09:59:49

    Geliat Fakultas Pertanian Uniflor dalam Upaya Meningkatkan Kualitasnya

    Fakultas Pertanian Uniflor semakin hari semakin memantapkan program – program kerjanya untuk meningkatkan kualitas lulusan dan dosen. Beberapa program yang sudah dilaksanakan diantaranya program magang didalam dan luar negeri, penyerapan lulusan dan peningkatan kualifikasi tenaga dosen. Hal ini disampaikan oleh Murdaningsih, S.P., MP, Dekan Faperta Uniflor dalam perbincangannya bersama Suara Uniflor beberapa waktu lalu.

    Program magang dilaksanakan setahun sekali. Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini, program magang diselenggarakan di beberapa lokasi seperti Provinsi Bali, Kabupaten Malang –Jawa Timur dan Bandung- Jawa Barat. Tahun depan, program magang akan dilaksanakan di Pulau Sumba, NTT. Pemilihan lokasi magang didasari oleh beberapa pertimbangan. Salah satunya adalah  keterampilan yang bisa dipelajari peserta selama program magang dan bisa diterapkan ketika mahasiswa menekuni profesinya.

    Selain menargetkan mahasiswa aktif, salah satu program yang sedang berjalan di Faperta juga membidik para lulusannya lewat program penyerapan lulusan. Saat ini Faperta telah bekerjasama dengan tiga perusahaan yaitu PT. Gunta Samba Group, PT.Aditama Nusantara dan PT. Timor Mitra Niaga. Kerjasama ini membuka peluang bagi lulusan Faperta untuk bekerja pada perusahaan-perusahaan tersebut setelah melalui proses seleksi seperti seleksi administratif dan psikotes. Menurut Murdaningsih, program ini telah berhasil menghantarkan beberapa alumni sebagai karyawan di beberapa pulau besar di Indonesia seperti Kalimantan dan Papua. Hal ini membuat pihaknya cukup berbangga, sekaligus menjadi pelecut semangat bagi mahasiswa Faperta lainnya agar berusaha memaksimalkan proses belajarnya di dalam maupun di luar kelas.

    “Rasanya bangga. Kami tidak butuh balas jasa. Rasanya sudah cukup senang kalau mereka berhasil,” ujar dosen yang akrab disapa ibu Murda ini.

    Faperta juga terus membenahi kualitas dosen agar sesuai dengan kualifikasi standar yang diajukan oleh DIKTI. Saat ini terdapat enam dosen yang tengah melanjutkan pendidikannya. Tiga dosen melanjutkan ke jenjang S-2 dan tiga dosen melanjutkan ke jenjang S-3.

    Peningkatan kualifikasi dosen ini diharapkan dapat mengukuhkan posisi Faperta sebagai salah satu Fakultas Pertanian unggulan mengingat sejak tahun 2010 silam  Faperta Uniflor telah menjadi anggota Forum Komunikasi Fakultas Pertanian se-Indonesia. Lewat forum tersebut, Faperta Uniflor mensejajarkan diri dengan Fakultas Pertanian lain dari seluruh wilayah Indonesia dalam dialog-dialog yang dikembangkan untuk menentukan arah perkembangan pendidikan pertanian di Indonesia.

    “Penting sekali untuk keluar dan membuka wawasan serta terus mencari peluang,” ujar Murdaningsih menutup perbincangan.

Berita Terkait