Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • HMPS Pendidikan Fisika Selenggarakan LKMM

    2014-11-03 10:28:24
    Images

    Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Fisika, Universitas Flores (Uniflor) menggelar kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) dengan tema “LKMM sebagai Wadah Pembentukkan Karaker Anak Bangsa yang Berakhlak Mulia dan Berwatak Revolusioner.”

    Kegiatan berlangsung sejak Rabu (15/10) sampai Minggu (19/10). Lokasi LKMM yang dipilih adalah Taman Firdaus di Desa Nanganesa, Ende. LKMM merupakan kegiatan yang digagas oleh HMPS Pendidikan Fisika dengan melibatkan para mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika dengan dukungan penuh Kaprodi Pendidikan Fisika, Maemunah H. Daud, S.Si., M.Pd.Si.

    Sejak Rabu para peserta diberi kesempatan untuk chek in, pembagian kamar, hingga gladi bersih, Kamis kegiatan LKMM dimulai. Acara seremonial dimulai pukul 08.00 Wita dihadiri oleh dosen Prodi Pendidikan Fisika Melkyanus B. U. Kaleka, S.Pd., M.Pd. Usai acara seremonial, dilanjutkan dengan acara LKMM yang diawali dengan pembacaan tata tertib LKMM.

    Seorang aktivis mahasiswa Uniflor, Yoakim Seke hadir membawakan materi dengan topik “Motivasi Berorganisasi.” Dalam paparannya Kim Seke menegaskan kepada peserta tentang pentingnya berorganisasi dalam melatih jiwa kepemimpinan.

    Yoakim menegaskan, “Organisasi tidak menghambat kuliah. Organisasi tidak selamanya berhubungan dengan demonstrasi. Itu semua paradigma yang keliru. Semua kembali pada manajemen waktu kita sendiri. Buktinya banyak mahasiswa yang aktif berorganisasi sukses meraih gelar sarjana tepat pada waktunya.” Sejumlah motivasi diberikannya kepada teman-teman mahasiswa peserta LKMM.

    Dia menceritakan tentang rusa dan harimau. “Jangan sampai kita terlambat sadar, teman-teman! Belajarlah dari cerita rusa dan harimau, yang pada suatu malam tidur bersama-sama. Rusa berjaga-jaga jangan sampai terlambat bangun, karena jika terlambat dia pasti diterkam harimau. Demikian pula harimau, dia harus lebih cepat bangun agar tidak kelaparan.”

    Ditemui di sela-sela kegiatan, Ketua Panitia Fridensius Jalang, mengatakan, LKMM ini merupakan dasar bagi mahasiswa untuk lebih mengenal perguruan tinggi, mendidik mental menjadi lebih baik, lebih tegar, dan lebih mandiri.

    Di samping Yoakim Seke, pemateri lain dalam LKMM ini sejumlah dosen Uniflor, yakni Melky Kaleka, Marsel Nandes, Samingan, Levi Padalulu, dan Yoseph Dentis. Sementara itu menyinggung salah satu materi yang akan dibawakan oleh perwakilan dari Kantor BKKBN, Fridensius menjelaskan tentang membangun kembali hubungan antara PIK (Pusat Informasi dan Konseling) yang merupakan salah satu UKM di Uniflor yang selama ini sempat tidak aktif

Berita Terkait