Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Jangan Sembunyi Bakat

    2016-05-25 08:58:00

    Kalimat judul di atas dikutip dari pernyataan pelatih tim Voli Universitas Flores, Philipus Letu, dalam perbincangan bersama Suara Uniflor pada Rabu, 10 Februari 2016 lalu bertempat di Ruang Tata Usaha Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Sastra. Lipus, demikian pria ini disapa, telah menjadi pelatih tim voli sejak tahun 2009 lalu. Dibawah asuhannya, tim voli Uniflor telah meraih prestasi yang membanggakan, termasuk menjadi Juara 1 voli puteri tingkat perguruan tinggi pada event STPM Cup 2016.  Kunci keberhasilannya dalam meracik tim voli yang berprestasi selama tujuh tahun berturut-turut, Philipus menegaskan bahwa ia berusaha memahami karakter setiap pemain dalam tim. “karakter mereka beda-beda,”  Ujarnya. Perbedaan tersebut, nampak dari respon spontan pemain ketika namanya disoroti dalam latihan. Ada yang bertambah semangatnya, namun ada pula yang tidak menyukai sorotan.

    Sebagai pelatih, Lipus menyampaikan bahwa dalam dua tahun terakhir, dirinya mengalami kesulitan mencari pemain-pemain baru karena ketiadaan proses regenerasi. Pemain yang direkrut biasanya bersumber dari rekomendasi para pemain “senior”. Pola perekrutan seperti ini menurut Philipus memberi keuntungan bagi pemain karena umumnya anggota tim sudah saling mengenal satu sama lain. Namun, di sisi lain pola ini bisa mengakibatkan seluruh anggota tim hanya berasal dari satu program studi saja, atau dari fakultas yang sama.

    Bagi para mahasiswi dan mahasiswa Uniflor yang memiliki bakat voli, Lipus berpesan agar bakat tersebut dapat dioptimalkan tanpa memperhitungkan keuntungan finansial yang akan diperoleh, sebab keuntungan yang utama yaitu tubuh yang bugar melalui olahraga dapat menunjang kelancaran proses belajar mahasiswa itu sendiri.

    “Jangan sembunyi bakat...” ujarnya menutup perbincangan. (eka)

    Berita telah diterbitkan pada Rubrik Suara Uniflor pada Harian Umum Flores Pos  edisi 13 Februari 2016.  Rubrik dikelola oleh UPT Humas dan Publikasi Uniflor.


Berita Terkait