Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Jenis-Jenis Artikel Opini

    2015-04-18 21:53:09
    Images

    Jenis-Jenis Artikel Opini

     

    Oleh Yohanes Sehandi

    Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,

    dan Kepala UPT Publikasi dan Humas Universitas Flores,

    Weblog: www.yohanessehandi.blogspot.com

     

    Secara garis besar, artikel opini yang dimuat dalam surat kabar dan majalah berita, dibagi menjadi dua jenis, yakni artikel opini umum dan artikel opini khusus. Artikel opini umum ditulis oleh masyarakat umum, dari mana dan oleh siapa saja, yang dikirim ke redaksi media massa untuk dipublikasikan. Artikel opini khusus ditulis oleh orang-orang khusus, baik orang dalam media itu maupun orang luar. Artikel opini khusus terdiri atas beberapa jenis, antara lain editorial, esai, kolom, dan resensi.

    Masyarakat umum menyebut artikel opini umum dengan “artikel opini” bahkan “opini” saja. Pada setiap artikel opini umum tercantum nama penulis, identitas singkat penulis, terkadang dengan pasfotonya.

    Harian Kompas (terbitan Jakarta), artikel opini terdapat pada halaman 6 dan 7, berdampingan dengan Tajuk Rencana (editorial) dan Surat Kepada Redaksi (surat pembaca). Harian Pos Kupang (terbitan Kupang, NTT) artikel opini pada halaman 4 berdampingan dengan Salam (editorial) dan Hotline Public Service (surat pembaca). Harian Victory News (terbitan Kupang) artikel opini pada halaman 4 bersama dengan News Forum (surat pembaca). Sedangkan Flores Pos (terbitan Ende, Flores, NTT) artikel opini pada halaman 12 bersama Bentara (editorial) berdekatan dengan Aspirasi (surat pembaca) halaman 13, terkadang muncul pada halaman 10, rubrik Serbaneka atau Sastra.

    Artikel opini umum biasanya tidak terlalu panjang, sekitar 3-4 halaman folio, 1,5 spasi, besar huruf 12, atau 4-6 halaman folio 2 spasi, besar huruf 12. Ada surat kabar dan majalah berita yang mencantumkan ketentuan panjang artikel opini yang diterimanya, misalnya 600 kata, 750 kata, 1.000 kata, atau 1.500 kata. Misalnya, Pos Kupang mencantum ketentuan panjang artikel 600 kata, Flores Pos dan Victory News 1.000 kata.

    Selanjutnya artikel opini khusus. Artikel opini khusus ditulis oleh orang-orang khusus, baik orang dalam media itu maupun orang luar. Artikel opini khusus terdiri atas beberapa jenis, antara lain editorial, esai, kolom, dan resensi.

    Pertama, artikel opini khusus editorial. Biasa disebut “editorial” saja. Editorial berisi pandangan atau pendapat media (pimpinan redaksi media) tersebut mengenai suatu pokok masalah (KBBI, 2001, halaman 284). Editorial merupakan artikel utama sebuah media yang berisi pandangan redaksi terhadap peristiwa atau isu penting menyangkut kepentingan masyarakat banyak.

    Dalam editorial biasanya diungkapkan adanya masalah aktual, penegasan akan pentingnya masalah itu, pandangan redaksi tentang pemecahan masalah, kritik, dan saran atas permasalahan, serta harapan akan peran serta para pembaca (Ariwibowo, 2009). Editorial yang ditulis pihak redaksi mewakili pandangan redaksi dan sikap resmi media bersangkutan.

    Artikel editorial Kompas bernama Tajuk Rencana terdapat pada halaman 6, Pos Kupang bernama Salam pada halaman 4, Victory News bernama Editorial pada halaman 1, harian Flores Pos bernama Bentara pada halaman 12.

    Kedua, artikel opini khusus esai. Biasa disebut “esai” saja. Esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya (KBBI, 2001, halaman 308). Artikel jenis esai ini biasanya mengulas hal-hal yang berkaitan dengan seni dan budaya, misalnya seni sastra, seni musik, seni tari, dan seni drama. Esai mengutarakan perasaan, kesan, keinginan, dan sikap terhadap suatu masalah yang menarik perhatian penulis esai (esais).

    Sebagian besar esai, kalau diperhatikan, penyajiannya bergaya sastra. Penempatan esai biasanya berdampingan dengan rubrik seni dan budaya yang dinilai rubriknya para seniman (budayawan). Pada harian Kompas, artikel opini esai dimuat pada halaman 20 edisi hari Minggu, satu halaman dengan cerita pendek yang merupakan salah satu genre karya sastra. 

    Ketiga, artikel opini khusus kolom. Biasa disebut “kolom” saja. Kolom adalah bagian khusus dalam surat kabar atau majalah yang ditulis orang khusus yang memiliki keahlian dalam bidangnya. Penulis kolom disebut kolumnis. Harian Kompas memiliki kolom Politik Ekonomi yang biasa diisi Budiarto Shambazy dan James Luhulima, dan kolom Olahraga biasa diisi oleh Anton Sanjoyo.

    Artikel opini jenis kolom mirip dengan esai atau artikel opini umum, hanya artikel kolom lebih pendek, meskipun ada juga yang panjang. Penulisan kolom tidak menggunakan struktur tertentu, bisa langsung ke inti permasalahan. Judul kolom juga biasanya singkat, tetapi menarik dan menggelitik.

    Keempat, artikel opini khusus resensi. Biasa disebut “resensi” saja. Sebagian surat kabar edisi Minggu menyediakan rubrik resensi. Pada awalnya resensi ini khusus mengulas sebuah buku, disebut resensi buku. Dalam perkembangannya resensi tidak hanya mengulas buku, juga mengulas musik, lagu, film, sinetron, dan drama, sehingga disebut resensi musik, resensi lagu, resensi film, resensi sinetron, dan resensi drama. Harian Kompas edisi Minggu memuat resensi buku pada halaman 22 bersama dengan puisi, Victory News edisi Minggu pada halaman 7. Selain mengulas isi buku, resensi juga mengangkat keunggulan dan kekurangan sebuah buku.

    (Suara Uniflor, Flores Pos, Sabtu, 14 Maret  2015).

Berita Terkait