Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Judul Skripsi Hasil Penelitian Tindakan Kelas

    2015-04-16 05:50:26
    Images

    Judul Skripsi Hasil Penelitian Tindakan Kelas

     

    Oleh Drs. Alberth Nikolaus Sino, SM

    Dosen Program Studi PGSD Universitas Flores, Ende, Hp 081339046997

     

    Skripsi adalah suatu karya ilmiah yang ditulis berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan secara cermat sesuai dengan prosedur penelitian yang berlaku. Ada dua jenis penelitian, yakni penelitian kualitatif murni dan penelitian tindakan kelas yang sering disingkat PTK. Sebagai calon guru, mahasiswa PGSD harus memahami dan terampil dalam melakukan PTK karena PTK merupakan upaya terobosan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Mengapa harus dilakukan PTK dan penelitian itu harus dilakukan dalam kelas?

    Banyak definisi tentang PTK yang terdapat dalam berbagai buku referensi. Iskandar Agung dalam bukunya Panduan Penelitan Tindakan Kelas bagi Guru  (2012, halaman 66) merumuskan PTK sebagai “sebuah proses investigasi terkendali yang berdaur ulang dan bersifat reflektif mandiri, yang memiliki tujuan untuk melakukan perbaikan-perbaikan terhadap sistem, cara kerja, proses, isi, kompetensi atau situasi.”         Kepada para mahasiswa PGSD saya biasa menjelaskan sebagai berikut. Anda pergi ke suatu SD, mengamati proses belajar-mengajar dalam suatu kelas. Saksikan seorang guru mengajar dengan menggunakan suatu metode, metode ceramah misalnya. Sewaktu Anda mengamati ternyata peserta didik tidak serius mendengarkan guru, kelihatan jenuh atau bosan, tidak aktif berpartisipasi, kurang konsentrasi, malah ada yang tidak punya perhatian sama sekali. Tentu hasil pembelajaran tersebut kurang memuaskan. Akibatnya, prestasi belajar peserta didik dalam rapornya rendah. Anda mulai berpikir, bagaimana seandainya metode yang dipakai guru tersebut diganti dengan metode lain, misalnya metode diskusi, pasti peserta didik akan lebih aktif berpartisipasi dalam mengikuti mata pelajaran tersebut.

    Versi lain dapat dijelaskan sebagai berikut. Sewaktu Anda melaksanakan PPL, Anda mengamati langsung salah satu kelas di sebuah SD, Anda menemukan seorang guru mengajar dengan menggunakan metode pembelajaran tertentu, yang ternyata hasilnya tidak memuaskan. Atas masalah tersebut Anda gelisah dan berniat untuk memperbaikinya. Bagaimana cara memperbaikinya? Anda berusaha untuk memperbaikinya dengan menawarkan metode pembelajaran yang lain sebagai pengganti metode lama agar dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik.

    Yang diuraikan di atas disebut penelitian tindakan kelas atau PTK. PTK adalah sebuah inovasi untuk memperbaiki kekurangan yang ada dengan cara menggantikan metode yang sudah atau sedang diterapkan dengan metode pembelajaran lain yang menurut Anda dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Itulah tujuan utama PTK di sekolah.

    Kemudian Anda mulai merancang materi ajar dalam bentuk RPP dengan metode yang Anda rencanakan. Anda meminta guru kelas menerapkan metode yang Anda rancang tersebut sambil mengamati sejauh mana terjadi perubahan aktivitas belajar peserta didik dalam mengikuti pelajaran. Anda mengamati tindakan guru kelas ketika menerapkan metode baru yang Anda rancang. Ternyata, hasilnya memuaskan, bahkan sangat memuaskan.

                Hasil penelitian Anda dijadikan sebagai materi skripsi sebagai tugas akhir Prodi PGSD. Bagaimana merumuskan judul skripsi Anda dari PTK tersebut? Menurut Nyoman Sutjipta, judul skripsi tidak boleh terlalu panjang, harus terdiri dari kata benda, bukan kata kerja. Misalnya kata meningkatkan sebaiknya diganti dengan peningkatan, menciptakan diganti dengan penciptaan. Untuk PTK, agar judul tidak terlalu panjang maka materinya ditulis dengan huruf kecil dalam kurung di bawah judul, sehingga pada judul skripsi hanya tercantum mata pelajarannya saja.

    Sering mahasiswa mengalami kesulitan dalam menentukan judul skripsi apabila penelitiannya adalah PTK. Harus diingat bahwa berdasarkan hasil pengamatan ditemukan bahwa penerapan metode yang kurang tepat menyebabkan prestasi belajar peserta didik kurang meningkat, dan Anda ingin memperbaikinya dengan menerapkan metode lain. Metode pilihan Anda itulah yang menjadi pokok utama yang akan diterapkan, misalnya metode diskusi.

    Penerapan metode diskusi tersebut pada mata pelajaran atau pembelajaran apa dan materi yang mana saja, tentu disesuaikan dengan silabus untuk kelas bersangkutan. Misalnya pembelajaran IPS materiya dampak globalisasi. Kemudian Anda harus prediksikan perubahan atau perbaikan apa yang ingin dicapai atau meningkat dengan penerapan metode diskusi tersebut, apakah prestasi belajar peserta didik meningkat atau tidak.  Selanjutnya, peserta didik kelas berapa, di sekolah mana, dan terletak di mana?

    Jadi, secara lengkap menjadi sebuah judul skripsi: “Penerapan Metode Diskusi pada Pembelajaran IPS Materi Dampak Globalisasi dalam Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas V SD Inpres X Kecamatan Y Kabupaten Z.” Atau bisa judul dirumuskan: “Penerapan Metode (model, pendekatan, strategi, media) … pada Pembelajaran … Materi … dalam Peningkatan … Peserta Didik Kelas … SD … di Kecamatan … Kabupaten  ….”

    Judul skripsi dengan materi dan jenis penelitian PTK di atas dapat dibuat dengan berbagai variasi, yang penting beberapa unsur atau pokok sebuah skripsi harus tercermin pada sebuah judul. Perlu dijaga kelogisan berpikir. Urutan kata-katanya dapat dibuat variasi, yang penting secara keseluruhan judul skripsi tentang PTK tersebut dapat diterima akal sehat. (Flores Pos, Sabtu, 12 April 2014).

Berita Terkait