Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • KKN Uniflor 2016, Berakhir

    2016-10-05 08:16:39
    Images

    Setelah sebulan lebih sebanyak 1101 mahasiswa Universitas Flores (Uniflor) yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dijemput kembali ke kampus secara serentak pada tanggal 16 September 2016. Lokasi KKN tersebar di 65 titik pada dua kabupaten, yaitu Kabupaten Flores Timur (Kecamatan Adonara Barat dan Adonara Tengah), dan Kabupaten Ende. Untuk Kabupaten Flotim, Panitia KKN melakukan penjemputan atas 193 mahasiswa. Penjemputan dihadiri oleh Camat Adonara Barat dan Camat Adonara Tengah. Ucapan terima kasih mendalam oleh disampaikan oleh para camat kepada lembaga Uniflor atas kehadiran mahasiswa KKN Uniflor yang telah bersedia membaur dengan masyarakat guna belajar memberdayakan masyarakat desa, dan diharapkan pada masa mendatang akan ada peningkatan progam yang lebih baik lagi.

                Sekretaris P3KKN Uniflor Yohanes Y.W Kean, S.Pd.,M.Pd., ketika ditemui Suara Uniflor di ruang kerjanya (22/9) mengatakan, Uniflor telah melakukan program KKN di hampir seluruh wilayah Nusa Tenggara Timur, dan memberi kesan tersendiri bagi masyarakat di wilayah ini. Setelah sebelumnya melakukan studi banding di Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta, dan Universitas Gadjah Mada, Pusat Pengelolaan dan Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (P3KKN) Uniflor menawarkan model KKN 2016 dengan Desain Model KKN tematik berbasis lokasi dan Desain Model KKN tematik berbasis kemitraan. KKN Tematik adalah KKN dengan mengambil tema berdasar kebutuhan masyarakat. KKN Uniflor berusaha membangun sinergi antarberbagai elemen kemasyarakatan dan bentuk keterpaduan kegiatan tri dharma perguruan tinggi dalam mendukung pemberdayaan masyarakat.

    KKN Uniflor 2016 dapat diukur keberhasilannya dengan melihat dari beberapa hasil, antara lain adanya peningkatan partisipasi masyarakat dalam satu wilayah lokasi KKN, ada ketepatan sasaran dalam arti pemberdayaan bagi masyarakat tertinggal yang telah dibantu oleh masyarakat yang lebih mampu. Selain itu, seluruh kegiatan KKN dapat berjalan dan memperkuat pencapaian target dan memperkuat fungsi-fungsi masyarakat dalam membangun Indonesia seutuhnya.

    Program KKN telah berkembang dengan sistem yang baik dan memiliki bobot Satuan Kredit Semester (SKS), dengan kedudukan dan status yang jelas di dalam kurikulum. Di beberapa perguruan tinggi mahasiswa bisa dengan sendiri memprogramkan KKN  dalam merencanakan studinya sehingga dalam prakteknya mendapatkan bimbingan dan pembinaan secara akademik. Di Uniflor sendiri KKN memiliki bobot SKS sejumlah 4 SKS disajikan pada semester VII, dan dapat diikuti oleh mahasiswa dengan syarat-syarat akademik tertentu.(Oca)

Berita Terkait