Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Kebun Percobaan Uniflor Berbenah Diri

    2016-05-25 09:44:18
    Images

    Pada Senin (22/2/2016), pukul 10.00 Wita, Ketua Umum Yayasan Perguruan Tinggi Flores (Yapertif) Dr. Laurentius D. Gadi Djou, Akt. mengunjungi Kebun Percobaan Universitas Flores (Uniflor) yang terletak di wilayah Lokoboko, Ndona. Dalam kunjungannya Ketum Yapertif disambut oleh Dekan Fakultas Pertanian (Faperta) Yustina M.S.W. Pu’u, S.P., M.P., beserta jajaran dosen Faperta Emilia S.A. Wangge, STP., M.P., Josina I. B. Hutubessy, S.P., M.Is., Charly Mutiara, S.P., M.Si., Philipus Supardi, SMP. M.Agb., Donatus Rendo S.Si. Hadir pula KTU Faperta Ismail Langga, S.Sos. dan karyawan.

    Tujuan kunjungan tersebut adalah untuk meninjau kegiatan dan konsep pengembangan Kebun Percobaan Uniflor untuk di-link dengan program pemerintah menyangkut kegiatan inseminasi ternak sapi. Selain itu, kebun percobaan juga membutuhkan pembenahan terkait kendala-kendala yang selama ini dihadapi.

    Outdoor meeting yang digelar menghasilkan keputusan bahwa Kebun Percobaan Uniflor harus dibenahi terkait kendala yang dihadapi seperti infrastruktur jalan dan gangguan hama (landak dan monyet). Upaya perbaikan yang akan dilakukan adalah dengan membuat jalan masuk melalui program jalan usaha tani yang didanai oleh Pemda, menanam tanaman sebagai barier di sekeliling lahan seperti gamal, nanas, dan masih diupayakan penanaman salak untuk menghindari landak, sedangkan untuk menangani monyet akan digunakan paranet (shading net). Selain itu bak penampung air juga akan diperbaiki, yaitu dengan menggunakan tower sehingga akar-akar pohon tidak merusak bak penampung air, seperti yang selama ini terjadi. Faperta sendiri juga akan mendesain satu Kebun Percontohan sebagai wajah Faperta yang ditujukan kepada masyarakat luas dan direncanakan berlokasi di daerah Wolowona.

    Kebun Percobaan Uniflor yang berada di bawah penanganan Faperta, berkoordinasi dengan staf yang bertugas di kebun, telah beroperasi sejak tahun 2006. Keberadaannya sangat bermanfaat bagi para mahasiswa untuk mengimplementasikan kegiatan praktikum serta digunakan sebagai tempat riset dosen dan mahasiswa.

    “Dalam hal budidaya tanaman kami membagi pengelolaan kebun ke dalam dua zona sesuai peruntukkannya. Zona pertama adalah zona penelitian. Zona kedua adalah zona pemanfaatan sebagai tempat kegiatan budidaya tanaman yang dilakukan secara intensif dan hasilnya dapat dijual atau dikonsumsi sendiri,” tutur Yustina Pu’u dalam wawancara bersama Suara Uniflor. Sementara itu, untuk jenis tanaman yang ditanam saat ini adalah tanaman pangan dan tanaman hortikultura.(2teh).

    Berita telah diterbitkan pada Rubrik Suara Uniflor pada Harian Umum Flores Pos edisi 27 Februari 2016. Rubrik dikelola oleh UPT Humas dan Publikasi Uniflor.

Berita Terkait