Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Kerja Sama Dengan Bank Mandiri

    2017-12-12 13:22:51
    Images

    Seminar  Mengembangkan Usaha Kerja Sama dengan Bank Mandiri

     

     

    Seminar: Dr. Josef Alfonsius Gadi Djou, M.Si (berdiri kanan) sedang memberi penjelasan pada seminar ketiga strategi pengembangan usaha kemitraan dengan lembaga keuangan, Kamis (23/11).

     

     

                Usaha kecil dan menengah (UKM) mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan karena sebagai salah satu bagian penting dari lajunya perekonomian suatu daerah juga membantu negara menciptakan lapangan kerja baru dengan bangkitnya unit-unit kerja dengan tenaga baru. Hal ini yang mendorong Pusat Studi Kewirausahaan Uniflor menyelenggarakan seminar kewirausahaan dengan tema “Strategi Pengembangan Usaha Melalui Kemitraan dengan Lembaga Keuangan”, di Aula Lt.3 Fakultas Teknologi Informasi pada Kamis, (23/11).

                Menghadirkan tiga keynote speaker Espino, S.E Kepala Cabang Bank Mandiri Ende, Gabriel Tanusi, S.E., M.Si Kepala Kantor Pusat Studi Kewirausahaan Uniflor, dan Dr. Josef Alfonsius Gadi Djou, M.Si Kepala Kantor Pusat Studi Pariwisata Uniflor. Seminar dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Yulita Londa, S.E., M.Si.Akt., dihadiri seluruh mahasiswa terutama mahasiswa dari Fakultas Ekonomi, beserta dosen dan karyawan Uniflor.

                Kepala Cabang Bank Mandiri dalam materinya memfokuskan pada usaha dan  produk mikro. Mengenalkan fasilitas pembiayaan yang dapat diberikan kepada semua pemilik usaha mikro dan usaha rumah tangga baik berbentuk perusahaan, kelompok usaha, dan perorangan (seperti pedagang, petani, peternak, dan nelayan). Beliau juga menjelaskan Kredit Usaha Mikro khusus diberikan kepada usaha mikro dengan maksimum limit kredit sebesar Rp 100 juta, sedangkan  untuk fasilitas top up diperkenankan sampai dengan limit Rp 200 juta. Dengan sifat kredit angsuran tetap, proses cepat dan persyaratan yang ringan.

                Sementara Gabriel Tanusi, S.E.,M.Si menekankan cara mendapat modal pinjaman dari bank dilihat dari aspek legalitas, permohonan, dan pengajuan proposal. Bagaimana mendapatkan sumber modal usaha, baik dari modal sendiri ataupun modal pinjaman dari lembaga bank. Dalam mengembangkan usaha perlu adanya strategi serta perlunya pemetaan masalah umum yang dihadapi UMKM. Masalah umum yang dihadapi UMKM antara lain sulitnya jaminan untuk mendapatkan akses permodalan dari lembaga keuangan, minimnya pembinaan dan pendampingan dari pemerintah, serta pemasaran produk yang tersendat.

                 Dr. Josef Alfonsius Gadi Djou, M.Si., mengetengahkan aspek perencanaan usaha hendaknya mempertimbangkan ketersediaan dana, dilanjutkan dengan rencana bisnis dalam pembuatan usaha, resiko bisnis, alat bantu dalam mengestimasi bisnis. Selain itu, perlu diperhatikan jaringan pemasaran usaha karena terkadang juga menjadi penghambat dalam pemasaran produk.

    Peserta seminar mengikuti dengan memunculkan banyak pertanyaan kepada pemateri, salah satu yang menjadi perhatian adalah fenomena berkurangnya ketertarikan masyarakat pada lembaga penjamin keuangan, seperti bank dibanding koperasi. Pada akhir seminar Uniflor mendapatkan cinderamata dari Bank Mandiri yang diterima oleh Sekretaris Yayasan Perguruan Tinggi Flores Dr. Josef Alfonsius Gadi Djou, M.Si.(oca)

               

Berita Terkait