Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Ketua KADIN Ende Memotivasi Mahasiswa Berwirausaha

    2017-12-12 13:31:25
    Images

    Ketua KADIN Ende Memotivasi Mahasiswa Berwirausaha

     

     

    SEMINAR KEWIRAUSAHAAN: Djamal Alhadad Ketua KADIN Ende (kanan) sedang menyampaikan materi dalam memotivasi mahasiswa ekonomi menjadi pengusaha sukses, Sabtu (2/12)

     

                Mahasiswa perlu diberi motivasi dan rangsangan agar dapat mengaplikasikan teori yang didapat di bangku kuliah. Bukan hanya menjadi sarjana pasif, tetapi sarjana yang kreatif, mandiri, dan inovatif. Menciptakan lapangan kerja baru dengan berwirausaha menjadi topik utama dalam seminar sehari yang digelar Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen. Bertempat di Aula Fakultas Ekonomi Lantai 2, dengan pembicara tunggal Ketua KADIN Ende Djamal Alhadad dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi Falentina Lusia Banda, S.E.,M.Sc, Sabtu (2/12). Kadin adalah lembaga swasta yang merupakan kelompok pengusaha seluruh Indonesia.

    Tujuan diadakan seminar untuk memotivasi mahasiswa agar memiliki jiwa kewirausahaan tumbuh, mampu bersaing dan menciptakan mahasiswa ekonomi yang kreatif dan inovatif. ”Dengan adanya seminar dan pencerahan dari pelaku usaha Ketua Kadin Ende Bapak Djamal Alhadad, saya berharap mahasiswa termotivasi menjadi pelaku usaha, karena secara teori sudah mendapatkan banyak dari kuliah, tinggal menerapkannya dalam usaha”, ungkap Falentina Lusia Banda. Hadir dalam kesempatan itu selain mahasiswa ekonomi, para ketua dan sekretaris program studi, juga seluruh dosen Fakultas Ekonomi.                                                                                                                                                                                                                                 

     Seminar mengambil tema “Motivasi Berwirausaha bagi Mahasiswa”, berlangsung secara interaktif dipandu moderator Agus Purwanto,  mahasiswa Prodi Akuntansi Semester VII.  Djamal Alhadad menekankan kepada mahasiswa bahwa keberhasilan dalam berusaha tidak semata harus menjadi pegawai. Mulai dari masih kuliah mahasiswa sudah harus menentukan mental wirausaha, karena dalam berwirausaha bila dilakukan sejak dini, dijalani dengan tekun, maka akan terlihat hasilnya. Djamal memberi contoh beberapa pengusaha besar Indonesia yang sukses mendunia karena mengawali usahanya sejak dibangku kuliah.

    Ketua Kadin Ende berbagi pengalaman usaha dengan  membagi kiat-kiat berwirausaha yang  selaras dengan perkembangan teknologi yang kian cepat. Belajar mengikuti perkembangan teknologi dalam pemanfaatannya di bidang usaha, turut membantu kelancaran usaha. Mahasiswa diajak menggabungkan teori kuliah dengan teknik berusaha. Adanya ide merupakan awal keinginan seseorang memulai usaha, kemudian menggumpulkan informasi sebanyak mungkin yang berkaitan dengan ide tersebut. Setelah dirasa informasi tersebut mendukung ide kita, tahap berikutnya bagaimana mengimplementasikan ide tersebut. Karena perlu diingat ide tanpa perbuatan pada hakikatnya mati, hanya khayalan, lanjut Djamal menjelaskan pertanyaan peserta seminar. (oca)

Berita Terkait