Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Kuliah Umum DMO Pariwisata

    2017-12-12 12:57:41
    Images

    Kuliah Umum DMO Pariwisata Flores

     

     

     

    Salah satu lokasi DMO yang dicanangkan oleh pemerintah RI dalam rancangan strategis industri pariwisata adalah DMO daerah Flores. Hal ini diungkapkan Program Operation Director Flores DMO Andrez Dhenameda,S.Fil ketika memberikan kuliah umum di Lantai 3 Gedung Rektorat Universitas Flores (Uniflor), Rabu (8/11).

    Beliau menjelaskan mengapa Flores masuk dalam 14 DMO yang ditetapkan pemerintah, mengingat luas wilayah Flores yang besar mencangkup 8 kabupaten, memiliki karakteristik tersendiri. Flores memiliki atraksi pariwisata dari sumber daya alam hayati dan kebudayaannya yang unik.

    Dalam mengembangkan pariwisata, DMO diharapkan juga mampu mengembangkan masyarakat untuk kreatif dalam menggerakkan ekonomi lokal. Andrez mengingatkan bahwa destinasi pariwisata juga memiliki dampak, baik positif maupun negatif. Karena itu peran aktif DMO sebagai penyelenggara tata kelola suatu destinasi pariwisata harus dimainkan.

    Sebagai lokasi bidikan bagi pengunjung pariwisata, masyarakat tentu akan mengalami imbas dari kunjungan itu. Dampak positifnya terjadi pada sebagian besar daerah dan masyarakat lokasi destinasi dalam memicu pergerakkan ekonomi lokal  semakin meningkat. Sedang dampak negatifnya akan menyusul seiring  dengan dampak positif berjalan. Dari segi sumber alam yang akan rusak bila tidak dijaga dan dipelihara dengan baik, alkulturasi budaya dengan mengadopsi budaya luar lebih kuat cenderung merugikan budaya daerah sendiri.

    Hal ini menjadi salah satu tugas DMO dalam mengolah dan mengembangkan manajemen pariwisata. Peran stakeholder, pemerintah, asosiasi, dan Akademisi sangat diperlukan. Perguruan tinggi atau akademisi menjadi bagian utama dari usaha memajukan pariwisata. Mahasiswa Uniflor juga didorong untuk lebih memajukan pariwisata daerah dengan memperhitungkan dampak positif dan negatifnya. (oca)

     

     

     

     

Berita Terkait