Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Kuliah Umum Kebanksentralan

    2016-05-25 09:15:56
    Images

    “Bank Indonesia adalah bank-nya bank. Salah satu tugas Bank Indonesia adalah mengatur dan mengawasi lalu lintas sistem pembayaran non-tunai. Perlu diketahui bahwa jumlah uang non-tunai di Indonesia lebih besar dari jumlah uang tunai. Uang tunai yang beredar hanya sebesar 500 Triliun Rupiah sedangkan non-tunai mencapai angka 4.000 Triliun Rupiah.” Informasi tersebut disampaikan oleh Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara dalam kegiatan bertajuk “Kuliah Umum Kebanksentralan” yang berlangsung di Auditorium H. J. Gadi Djou pada Sabtu (13/2/2016).

    Kuliah umum yang merupakan kerja sama antara Universitas Flores (Uniflor) dengan Bank Indonesia dimana kepanitiaannya diserahkan kepada Fakultas Ekonomi Uniflor tersebut dihadiri oleh sejumlah dosen, karyawan, dan mahasiswa Uniflor, perwakilan dosen dan mahasiswa STPM, perwakilan Bank NTT, dan stake holders lainnya. Turut hadir Rektor Uniflor Prof. Stephanus Djawanai, M.A., Pejabat Rektorat Uniflor, dan perwakilan dari Yayasan Perguruan Tinggi Flores (Yapertif).

    Dalam paparan materinya Mirza juga menjelaskan tentang perkembangan kelembagaan bank sentral; perkembangan bank sentral di beberapa negara; tujuan, fungsi dan kelembagaan Bank Indonesia; hubungan kelembagaan Bank Indonesia; dan tata kelola Bank Indonesia. “Bagaimana jika bank lainnya mengalami kekurangan uang? Bank-bank tersebut akan meminjam sejumlah dana pada Bank Indonesia dengan adanya jaminan negara,” ujar Mirza.

    Ditemui terpisah oleh Suara Uniflor, Wakil Rektor IV Murdaningsih, S.P., M.P., mengatakan bahwa kerja sama antara Uniflor dengan Bank Indonesia telah berlangsung sebanyak empat kali dan bertujuan untuk menguntungkan kedua belah pihak, baik Uniflor maupun Bank Indonesia. Melalui lembaga pendidikan diharapkan semakin banyak masyarakat yang mengetahui tentang fungsi, peran, dan kinerja dari Bank Indonesia. “Kerja sama ini melahirkan BI Corner, tempat dimana mahasiswa dapat memperoleh informasi tentang kebanksentralan,” tutur Murdaningsih. Di Uniflor BI Corner berada di Lantai II Gedung Perpustakaan Uniflor, diharapkan menjadi pusat informasi seputar kebanksentralan yang dibutuhkan oleh mahasiwa melalui sumber bacaan (literatur) yang tepat.(2teh)

    Berita telah diterbitkan pada Rubrik Suara Uniflor pada Harian Umum Flores Pos  edisi 20 Februari 2016. Rubrik dikelola oleh UPT Humas dan Publikasi Uniflor.


Berita Terkait