Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Lulusan Uniflor ke Kalimantan dan Papua

    2014-11-03 10:03:08

    “Universitas yang baik adalah universitas yang dapat mencarikan lapangan pekerjaan bagi semua lulusannya.” Demikian penegasan Rektor Universitas Flores (Uniflor), Prof. Dr. Stephanus Djawanai, MA dalam acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Uniflor dengan perusahaan Gunta Samba Group.

    MoU berisikan kesepakatan antara Uniflor sebagai lembaga penyedia tenaga kerja, dalam hal ini Sarjana Pertanian lulusan Fakultas Pertanian (Faperta) Uniflor dengan perusahaan Gunta Samba Group sebagai lembaga pengguna tenaga tersebut.

    Rektor Djawanai juga menceritakan pengalamannya selama bekerja di Nagoya, Jepang. Di Jepang, selalu diadakan “Job Hunting” (memburu kerja) bahkan dimasukkan dalam mata kuliah di universitas, yakni kegiatan di mana para mahasiswa melakukan upaya mencari kerja ke perusahaan-perusahan atau lembaga-lembaga industri, melakukan interviu dengan pihak perusahaan soal kriteria pegawai yang akan diterima pihak perusaahan.

    Sepulangnya dari interviu, para mahasiswa ini membuat laporan bagi pihak universitas yang nantinya akan dimanfaatkan bagi pengambilan kebijakan akademis guna mempersiapkan calon lulusan yang berkualitas sesuai dengan dan tuntutan dan kebutuhan perusahaan atau industri di pasaran tenaga kerja.

    Pihak universitas ke depannya akan sering mengundang para praktisi dalam segala bidang kerja yang telah sukses, untuk membagi pengalamannya kepada para mahasiswa Uniflor. Para praktisi ini bisa alumni Uniflor bisa pula pihak luar. Djawanai mengucapkan limpah terima kasih kepada pihak Gunta Samba Group yang telah menjadikan Uniflor sebagai mitra strategis dalam penggunaan lulusan dari Uniflor.

    Dalam penandatangan MoU tersebut pihak Gunta Samba Group diwakili  General Manager, Petrus Tedjakusuma, S.H bersama seorang putra asli Kabupaten Ende yang memiliki posisi penting dalam perusahaan tersebut, yakni M. Thamrin sebagai Senior Manager Agronomi.

    General Manager, Petrus Tedjakusuma mengungkapkan kebahagiaannya atas wujud nyata kerja sama melalui penandatanganan MoU ini dan menjelaskan Gunta Samba Group merupakan grup perusahaan besar yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit. Ini merupakan upaya untuk coba mengubah mindset masyarakat Flores-Lembata dan sekitarnya untuk bisa merantau dan sukses berkarier di luar wilayah Flores-Lembata.

    M. Thamrin, selaku putra asli Kabupaten Ende menegaskan bahwa MoU ini merupakan peluang besar bagi orang Flores-Lembata agar menjadi lebih baik. Alumni Uniflor yang diterima nantinya bisa membawa nama baik orang Flores-Lembata dan dan Uniflor. Para Sarjana Pertanian lulusan Faperta Uniflor akan ditempatkan di Kalimantan dan Papua Barat.

    Ke depannya Gunta Samba Group akan menerima lulusan dari Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, dan FKIP. Lulusan dari Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomi akan bekerja di operasional perusahaan, sedangkan lulusan dari FKIP akan bekerja sebagai guru di sekolah-sekolah yang dibangun di wilayah perusahaan.

    Dekan Faperta Uniflor, Murdaningsih, S.P, M.P mengatakan, pihaknya di Faperta  serius mempersiapkan dan melaksanakan kerja sama ini. Menurutnya, ini merupakan terobosan. Beliau mengucapkan terima kasih berlimpah kepada pihak Gunta Samba Group yang telah membuka jalan bagi lulusan dari Faperta Uniflor untuk bekerja di Kalimatan dan Papua Barat yang merupakan wilayah kerja Gunta Samba Group. Hal besar ini kiranya dapat mengubah cara pandang masyarakat kita yang selalu berpikir setelah lulus harus mengikuti testing Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Berita Terkait