Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Lupus Penyakit Seribu Wajah

    2017-08-31 12:52:45
    Images

    Lupus Penyakit Seribu Wajah

     

     

    Foto Bersama:  usai kegiatan seminar dilakukan foto bersama pimpinan Uniflor, pemateri, dengan dokter dan pengurus Persatuan Perawat Nasional Indonesia dan Ikatan Bidan Indonesia Cabang Kabupaten Ende (16/7).

     

    Sistematik lupus eritematosus atau sering disingkat Lupus merupakan penyakit autoimun yang menyerang diri sendiri pada sistematik jaringan dan organ tubuh. Gejala yang dialami orang dengan lupus (ODAPUS) kerap mirip dengan penyakit lain seperti malaria dan demam berdarah. Acapkali ODAPUS terlihat dari tingkahnya yang mirip Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Gejala yang beragam inilah yang menyebabkan lupus kerap sulit untuk didiagnosis dengan tepat dan dan diistilahkan dengan penyakit seribu wajah. Hal tersebut disampaikan oleh dr. Laniyati Hamijoyo, SpDP KR, Mkes, FINASIM, dengan moderator dr. Yosefa Lily Londa, saat menyampaikan materi dalam kegiatan Seminar Kesehatan bertajuk “Mengenal Lupus Penyakit Seribu Wajah” kerja sama Universitas Flores (Uniflor) dengan Persatuan Perawat Nasional Indonesia dan Ikatan Bidan Indonesia.

    Seminar yang digelar pada Minggu (16/7/2017) tersebut dimulai Pukul 09.00 Wita hingga selesai dan bertempat di Auditorium H. J. Gadi Djou. Hadir sejumlah dekan, dosen dan karyawan Uniflor, serta perawat dan bidan dari berbagai daerah di Pulau Flores. Turut hadir Wakil Rektor Bidang Akademik sekaligus Pelaksana Harian Rektor Dr. Simon Sira Padji, M.A., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Fransiskus Korosanso, S.Pd., M.Pd., Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Murdaningsih, S.P., M.P., Sekretaris Eksekutif Rektor Yohanes Laka Suku, S.T., M.T.

     Selain dr. Lani yang membawakan materi “Mengenal Lupus Penyakit Seribu Wajah” seminar tersebut juga menghadirkan pemateri kedua yaitu dr. Lidia F. Nembo, SpOG dari Rumah Sakit Umum Daerah Ende yang membawakan materi “Penyakit Lupus dalam Kehamilan” dengan moderator Fransiska N. Ero S.Sit., MPH., dan pemateri ketiga Staf Pengajar Akademi Keperawatan Ende Aris Wawomeo M.Kep Ns.Sp.Kep.Kom yang membawakan materi “Peran Perawat dalam Penanganan Pasien dengan Lupus” dengan moderator Wilhelmus Hami, Skep., NS., M.Kes.

    Dalam wawancara terpisah Tim Suara Uniflor bersama dokter Klinik Uniflor dr. Yosefa Lili, beliau mengatakan latar belakang diselenggarakannya seminar ini adalah kepedulian Uniflor terhadap masyarakat Ende dalam hal pemahaman penyakit lupus yang pada kenyataannya penyakit ini sudah ada di lingkungan masyarakat Ende khususnya dan Pulau Flores umumnya. Atas kepedulian tersebutlah maka menjelang Dies Natalies Uniflor ke-37 tidak saja digelar beragam pertandingan dan perlombaan tetapi juga seminar kesehatan yang sangat mencerahkan para pesertanya. (2teh).

     

     

Berita Terkait