Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • MEMAKNAI PANCASILA PADA MOMEN KEMERDEKAAN

    2017-09-20 12:22:55
    Images

    Memaknai Pancasila pada Momen Kemerdekaan

     

    Foto:   Pengibaran Bendera Merah Putih oleh petugas dalam apel bendera memperingati Ulang tahun Kemerdekaan Indonesia ke-72 diikuti oleh civitas akademika Uniflor, Kamis (17/8/2017), di Lapangan Futsal Kampus III, Universitas Flores.

     

    Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, isi Sila ke-5 Pancasila, dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat. Sikap tersebut mencerminkan keadilan bagi semua orang atas hak menikmati lingkungan yang bersih dan nyaman. Hal tersebut disampaikan oleh perwakilan Yayasan Perguruan Tinggi Flores (Yapertif) Dr. Josef A. Gadi Djou,M.Si., saat tampil sebagai Pembina Upacara Bendera memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 di Lapangan Futsal, Kampus III, Universitas Flores. Selain itu, memaknai Sila ke-1 Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, menandaskan tentang pentingnya mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Tuhan, menjaga hubungan antarsesama dan memelihara kerukunan hidup sebagai wujud sikap manusia yang beragama.

    Upacara dilaksanakan pada Kamis (17/8/2017), dimulai pada pukul 07.15 Wita tersebut dipimpin oleh Thomas Aquino A. S., S.T., M.T., sedangkan bertindak sebagai Pembaca Teks Proklamasi Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Simon Sira Padji, M.A. Pelaksanaan upacara kali ini agak berbeda dari tahun sebelumnya karena selain dihadiri oleh dosen dan karyawan selingkup Uniflor, juga melibatkan 1.100 calon mahasiswa baru sebagai peserta upacara. Beberapa calon mahasiswa baru juga diberikan tugas sebagai perangkat upacara yaitu penggerek bendera, pengucap Pembukaan UUD 1945, dan konduktor. Calon mahasiswa baru diikutsertakan dalam upacara ini bertepatan dengan masa Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) yang telah dimulai Senin (14/8/2017) dan akan berakhir Senin (21/8/2017).

    Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan berbagai lomba yang disiapkan oleh Panitia PKKMB. Beberapa lomba yang digelar adalah lomba gigit kerupuk, joget balon, estafet jepit terong, dan lomba make-up.(2teh/As).

Berita Terkait