Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Mahasiswa Arsitektur Uniflor Ikut Workshop di Australia

    2015-05-11 10:14:59
    Images

    Mahasiswa Arsitektur Uniflor Ikut Workshop di Australia

     

    Dua mahasiswa Prodi Arsitektur, Fakultas Teknik, Uniflor mengikuti workshop yang bertema Shaping Healthier Tropical Cities di Kota Darwin, Australia selama empat hari (26-29 Juni 2014). Kedua mahasiswa tersebut adalah Sifa Fitria Reza Abdullah Natsir (Sifa Fitria) dengan Fransiskus Hendriques.

    Di Australia mereka belajar mengenal dan mengolah sejumlah material sebagai bahan dasar bangunan dengan memanfaatkan kekayaan alam tanpa bergantung pada bahan pabrikan, serta memilih material untuk disesuaikan dengan situasi dan kondisi tempat (wilayah) bangunan yang akan dibangun.

                Menurut dosen pembimbing mereka, yakni Dian Mochdar, S.T, M.T, Fabiola T. A. Kerong, S.T,M.T, dan Mukhlis A. Mukhtar, S.T, M.T, keberangkatan kedua mahasiswa ini  berdasarkan direkomendasi pemilik Studio Interan Bali, Gede Krisna (dosen luar biasa Universitas Indonesia) sekaligus menjadi salah satu mentor dalam workshop tingkat internasional tersebut.

    Kedua mahasiswa Uniflor ini bergabung dengan puluhan mahasiswa lain dari Indonesia, antara lain dari Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Islam Indonesia, Universitas Parahyangan, UNS Solo, Universitas Sriwijaya, Universitas Tanjungpura, Universitas Hasanudin, Universitas Lambung Mangkurat, dan ITS Surabaya.        Semua mahasiswa dari Indonesia bergabung dengan puluhan mahasiswa dari Charles Darwin University dan University of Newcastle Australia. Selama mengikuti workshop para mahasiswa ini tinggal di asrama Kampus Charles Darwin University.

    Menurut Sifa dan Frans, selama berada di Darwin mereka mendapat pengalaman yang luar biasa, bisa menjumpai rumah-rumah kuno asli dengan konsep arsitektur bangunan dari bahan alam. Mereka kagum dengan bangunan yang dianggap modern untuk daerah asalnya,  dan dinilai sebagai bangunan konvensional yang perlu dilestarikan.

    Setelah mengikuti workshop para peserta akan dievaluasi dan disaring untuk diberangkatkan kembali ke Australia pada bulan November 2014 yang akan datang, guna mengikuti proyek lanjutannya, yakni menbangun sebuah rumah sakit dengan bahan dasar  dari alam.

                Sebagai coordinator sekaligus pembimbing mahasiswa ke Australia, dosen Mukhlis A. Mukhtar, S.T, M.T, menyatakan bahwa momen penting ini sangat berharga bagi para mahasiswa. Para peserta belajar tentang kultur arsitektur dari kedua negara, Australia dan Indonesia. “Kredit poin tersendiri bagi Prodi Arsitektur Uniflor yang dapat mengikutsertakan mahasiswanya ke Australia,” kata Mukhlis kepada Suara Uniflor minggu lalu. (oca). Suara Uniflor,Flores Pos,Sabtu,19/7/2014).

     

Berita Terkait