Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Mahasiswa FKIP Melaksanakan PPL

    2014-11-06 07:43:05
    Images

    Sebanyak 1.198 mahasiswa semester VII Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uniflor pada saat ini tengah melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada 174 sekolah yang ada di Kabupaten Ende. Melibatkan 110 dosen pembimbing dengan 16 dosen koordinator lapangan.

    Peserta terbanyak berasal dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) sebanyak 464 mahasiswa, melaksanakan PPL pada 85 Sekolah Dasar (SD). Sedangkan 734 mahasiswa lain berasal dari Prodi Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Pendidikan Sejarah, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Ekonomi, melaksanakan PPL pada 89 SMP, SMA, dan SMK.

    Demikian informasi yang diperoleh Suara Uniflor dari Ketua Panitia Pelaksana PPL FKIP Tahun 2014, Stefanus Notan Tupen, S.Pd, M.Pd, di ruang kerjanya pada Rabu (29/10) siang. Diinformasikan pula, pelaksanaan PPL berlangsung selama dua bulan, mulai 18 Oktober sampai 18 Desember 2014. Pada saat ini, 1.198 mahasiswa PPL tengah berada di 174 sekolah, mempraktikkan ilmu yang mereka peroleh di bangku kuliah dan menimba pengalaman di lapangan dari kepala sekolah dan para guru pamong yang membimbing mereka di masing-masing sekolah.

    Menurut Notan Tupen yang juga Ketua Prodi Pendidikan Matematika, PPL sangat penting dilaksanakan para mahasiswa FKIP yang bakal menjadi guru. Sebelum mereka tamat, mereka harus sudah memiliki pengalaman lapangan sehingga kelak begitu diangkat menjadi guru langsung bekerja sebagaimana layaknya seorang guru profesional.

    Notan Tupen menambahkan, ada titipan khusus kepada para mahasiswa PPL kali ini, yakni agar mereka dapat mempraktikkan atau memberi contoh pelaksanaan Kurikulum 2013 (K-13) di sekolah-sekolah. Ini penting, karena sampai dengan saat ini banyak sekali keluhan para guru tentang pelaksanaan K-13

Berita Terkait