Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Mahasiswa Uniflor dan Budaya Membaca

    2015-08-08 20:00:12
    Images

    Mahasiswa Uniflor, Rajinlah Membaca

     

    Oleh Rosalia Gamela Anda

    Mahasiswa Semester IV, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,

    Universitas Flores, Hp 082237269574

     

                Membaca adalah salah satu cara efektif dan efisien untuk mendapatkan berbagai informasi, pengetahuan, ilmu pengetahuan dan teknologi yang kita butuhkan. Semakin rajin kita membaca semakin banyak informasi, pengetahuan, ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat kita ketahui dan kuasai. Modal itulah yang mendorong kita untuk lebih kreatif, inisiatif, dan inovatif. Membaca menjadi modal yang berpengaruh besar untuk kemajuan dan peradaban.

    Clark dan Silberstain (dalam Simanjuntak, 1988) menyatakan, membaca merupakan suatu proses kognitif yang aktif dalam berinteraksi dengan bahan bacaan dan proses membangun berbagai makna. Minat menjadi kata kunci agar seseorang memiliki kemampuan atau kegemaran membaca. Tarigan (1990) menyatakan, minat membaca akan sangat menentukan langkah yang akan kita kerjakan. Walaupun  motivasi membacanya kuat, tetapi kalau kegemaran membacanya lemah, maka tidak akan mendapatkan apa-apa.

                Membaca akan menambah wawasan dan memperluas cakrawala pandangan kita akan berbagai hal dan permasalahan. Kata orang, membaca sebuah buku sama dengan kita membuka jendela rumah untuk melihat apa yang terjadi di luar. Kita akan melihat banyak hal dan kejadian yang bertebaran di luar dan bahkan mengejutkan kita. Begitu pula kalau kita membaca, kita dapat melihat dan mendapatkan hal-hal baru di luar pengetahuan kita. Sejarawan Inggris Thomas Balington Macaulay (1800-1859) mengatakan, “Saya pilih menjadi orang miskin yang tinggal di pondok penuh buku, daripada menjadi raja tetapi tidak punya kegemaran membaca!”

    Buku itu ibaratnya harta yang tidak pernah habis dimakan waktu. Bila Anda sering dan senang membaca, yakinlah kesuksesan ada di depan mata Anda. Mengapa? Karena Anda akan mendapatkan banyak bekal informasi, pengetahuan, ilmu pengetahuan dan teknologi yang siap digunakan dalam memecahkan masalah yang Anda hadapi. Dengan bekal yang cukup itulah Anda akan semakin kreatif, inisiatif, dan inovatif dalam mencari dan memenuhi kebutuhan Anda, dan memecahkan masalah yang Anda hadapi. 

    Banyak orang sukses di dunia ini karena gemar dan banyak membaca, apalagi bergerak di dunia pendidikan. Ilmu pengetahuan dan teknologi, dari yang kuno sampai yang canggih seperti sekarang ini diperoleh lewat membaca. Tidak ada cara lain kecuali dengan membaca dan membaca lagi.

    Hanya sayangnya, kalau kita perhatikan masyarakat kita terutama generasi muda sekarang ini, minat dan kegemaran membacanya sangat lemah. Para mahasiswa di mana-mana, termasuk mahasiswa Universitas Flores (Uniflor) terkesan minat dan kegemaran membacanya lemah. Ini sesuatu yang aneh. Bagaimana mungkin mahasiswa yang tengah bergelut mencari dan mendalami berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi sangat minim minat dan kegemaran membacanya? Ini suatu keadaan yang tidak bagus untuk suatu kemajuan.

    Sekarang bagaimana caranya untuk meningkatkan minat baca di kalangan mahasiswa?  Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat baca. Pertama, siapkan perpustakaan yang berisi banyak bahan bacaan dan mengelola perpustakaan itu secara profesional. Minat baca akan tumbuh dengan sendirinya apabila perpustakaan di berbagai perguruan tinggi dikelola dengan profesional. Perpustakaan perlu menyediakan bahan bacaan yang berkualitas berupa bahan bacaan yang beragam dan menarik. Kedua, promosikan gerakan gemar membaca di lingkungan sekolah dan perguruan tinggi. Upaya ini sebaiknya dilakukan oleh pemerintah dan kalangan perguruan tinggi dan sekolah-sekolah. Bisa memasang baliho atau spanduk di sekitar lingkungan sekolah dan perguruan tinggi yang berisi seruan yang menggugah gemar membaca para siswa dan mahasiswa.

              Budaya membaca merupakan upaya meningkatkan intelektualitas para mahasiswa. Saat ini budaya membaca belum menjadi bagian kehidupan para mahasiswa. Mahasiswa lebih banyak membaca alat komunikasi canggih internet dibandingkan dengan membaca buku, majalah, dan surat kabar. Perkembangan teknologi informasi membuat mahasiswa lebih sering mencari informasi di internet dibandingkan dengan membaca buku. Mahasiswa sekarang pada umumnya lebih cenderung diperhamba oleh alat teknologi. Rendahnya minat membaca para mahasiswa juga karena orang tua dan masyarakat umum yang minat bacanya rendah bahkan ada yang tidak mau membaca, di samping ada memang orang yang buta huruf.

               Menumbuhkan minat membaca merupakan suatu langkah terbaik menciptakan masyarakat untuk maju dan beradab. Masyarakat di negara-negara maju yang peradabannya tinggi, ciri khas masyarakatnya gandrung membaca. Selalu ada waktu untuk membaca. Tidak ada waktu kosong. Apabila membaca sudah menjadi kebutuhan sehari-hari akan terbentuk budaya membaca dalam masyarakat. Para mahasiswa mestinya menjadi penggerak masyarakat untuk gemar membaca. Membaca merupakan aspek terpenting dalam pendidikan. Mulailah membaca di lingkungan perguruan tinggi, termasuk di Uniflor tercinta ini.

               Pengangguran intelektual yang tengah menjadi fenomena dalam masyarakat kita kini, tidak akan terjadi apabila para mahasiswa gemar membaca. Membaca merupakan titik kisar untuk bertumbuh dan berkembangnya suatu kebudayaan menuju peradaban maju. Dengan membaca kta menjelajah pemikiran dan imajinasi di dunia mahaluas ini. Dengan membaca kita menggenggam dunia. * (Suara Uniflor, Flores Pos, Sabtu, 11 Juli 2015).

     

Berita Terkait