Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Makna Akreditasi B Universitas Flores

    2016-09-26 08:16:39
    Images

    Makna Akreditasi B Universitas Flores

    Oleh  Dr. Laurentius Dominicus Gadi Djou, Akt.

    Dosen Fakultas Ekonomi, Universitas Flores,

    Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Flores (Yapertif) Ende

     

    Akreditasi institusi merupakan pengakuan resmi terhadap sebuah Perguruan Tinggi (PT) yang diberikan oleh negara melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) apabila PT tersebut memenuhi syarat-syarat kebakuan atau kriteria-kriteria tertentu yang ditetapkan Undang-Undang. Pengakuan terhadap sebuah PT dinyatakan dalam bentuk status akreditasi, yakni akreditasi C (cukup), akreditasi B (baik), dan akreditasi A (amat baik).

    Standar mutu terendah untuk sebuah PT adalah akreditasi C. Setiap PT yang baru berdiri dan sah, secara otomatis mendapatkan akreditasi C dari BAN-PT. Apabila PT tersebut meningkat kualitas akademiknya, maka BAN-PT setelah melakukan penilaian lengkap dan cermat, akan memberikan status akreditasi B kepada PT bersangkutan. Apabila PT tersebut meningkat lagi dan sempurna kualitas akademiknya dibandingkan dengan sebelumnya, maka BAN-PT akan memberikan status tertinggi untuk PT tersebut dengan status akreditasi A.

    Universitas Flores (Uniflor) Ende sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi terbesar di Flores, Provinsi NTT, sejak berdiri 19 Juli 1980 terus berusaha untuk meraih status akreditasi yang lebih baik dari sebelumnya C. Lewat kerja keras dan kerja bersama berbagai komponen yang ada di lembaga Uniflor, didukung berbagai pemangku kepentingan (stakeholder) dan para alumni, Uniflor kini mendapat pengakuan resmi negara lewat BAN-PT memberikan status akreditasi B (Baik) kepada Uniflor, setalah tim asesor dari BAN-PT melakukan visitasi di Uniflor. Hasil penilaian BAN-PT inilah yang menjadi dasar pemberian akreditasi B untuk Uniflor.Tentu ini sejarah baru bagi Uniflor.

    Yang membuat terharu dan membanggakan bahwa tidak banyak PT di Provinsi NTT yang telah mendapatkan akreditasi B. Dari 50-an PT yang ada di Provinsi NTT, hanya dua universitas dan dua sekolah tinggi yang mendapatkan akreditasi B. Kedua universitas itu adalah Universitas Nusa Cendana (Undana) di Kupang (universitas negeri) dan Universitas Flores (Uniflor) di Flores. Uniflor adalah satu-satunya universitas swasta (PTS) di Provinsi NTT yang mendapat akreditasi B. Sedangkan kedua sekolah tinggi yang akreditasi B adalah STFK Ledalero di Maumere dan Stikes Nusantara di Kupang.

    Status akreditasi B yang diperoleh Uniflor ini tentu melalui kerja keras dan perjuangan bersama, baik pihak internal Uniflor maupun pihak eksternal. Pihak Rektorat Uniflor dengan perangkat pimpinan Universitas, Fakultas, Program Studi, Lembaga, Unit, dan lain-lain. Patut berterima kasih kepada Rektor Uniflor, Prof. Dr. Stephanus Djawanai, M.A., Sekretaris Eksekutif Rektor, empat Wakil Rektor, para Dekan dan Wakil Dekan, para Kaprodi dan Sekprodi, para pimpinan lembaga, dan unit yang ada di Uniflor. Kerja keras para dosen dan pegawai serta mahasiswa Uniflor, baik yang terlibat langsung maupun tidak, patut mendapat apresiasi. Para alumni Uniflor, orang tua, pemerintah daerah, dan berbagai pihak pemangku kepentingan, juga ikut berperan meraih prestasi yang membanggakan ini.

    Uniflor pada saat ini memiliki 14 program studi (Prodi) dari enam Fakultas, yakni Fakultas Hukum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Bahasa dan Sastra, dan Fakultas Pertanian.

    Dari 14 Prodi yang ada di Uniflor, empat Prodi telah mendapat akreditasi B dari BAN-PT, yakni Prodi Ilmu Hukum, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Prodi Pendidikan Sejarah, dan Prodi Teknik Arsitektur. Sepuluh Prodi lain masih menunggu berita BAN-PT. Kita harapkan agar sejumlah Prodi lain akan segera mendapatkan  akreditasi B. Yang sudah B akan mengejar lagi ke peringkat akrediasi A (peringkat tertinggi).

    Status akreditasi B yang dimiliki Uniflor kini merupakan sebuah babak baru bagi Uniflor dalam sejarah pelayanannya kepada masyarakat Flores Lembata, khususnya dan Provinsi NTT umumnya, selama 36 tahun usianya. Dengan akreditasi B ini tentu Uniflor bersama Yayasan Perguruan Tinggi Flores (Yapertif) yang menaunginya, semakin percaya diri dalam pelayanannya. Dengan akreditasi B juga kiranya berbagai pihak pemangku kepentingan dan masyarakat Flores Lembata tidak perlu ragu dan bimbang mengirimkan putra/putrinya untuk kuliah di Uniflor. Berbagai pihak pemangku kepentingan, terutama pemerintah daerah, instansi pemerintah dan swasta, berbagai lembaga pendidikan, kiranya tidak perlu ragu dan bimbang menerima lulusan Uniflor untuk bekerja dan mengabdi sesuai bidang keahlian masing-masing.

    Diharapkan dengan hasil akreditasi B seluruh sivitas akademika Uniflor semakin meningkatkan kualitas diri dengan memperbanyak penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang pada akhirnya akan meningkatkan kapasitas sivitas akademika Uniflor guna mempertahankan akreditasi B yang diperoleh pada saat ini. Mempertahankan akreditasi B memang tidak mudah tetapi apabila kita semua bekerja keras dalam semangat  kebersamaan, kebanggaan dan kehormatan niscaya nilai B tetap akan dipertahankan, bahkan bila perlu meraih peringkat tertinggi akreditasi A.

     

Berita Terkait