Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Memaksimalkan Pembelajaran Bahasa Inggris di Laboratorium Bahasa

    2015-06-16 09:08:14
    Images

    Memaksimalkan Pembelajaran Bahasa Inggris

    • di Laboratorium Bahasa

     

                Perguruan Tinggi atau institusi yang memiliki sarana dan prasarana yang lengkap dapat memberikan kemudahan bagi mahasiswa dan dosen sekaligus mendukung proses pembelajaran yang aktif, efektif dan menyenangkan. Sarana yang memadai tentu berguna bagi lulusan ketika memasuki dunia kerja diharapkan telah memiliki bekal ilmu dan ketrampilan, salah satunya adalah penguasaan Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional. Pembelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan dapat dilakukan di laboratorium bahasa.

                Ibu Gratiana Sama, S.Pd., M.Hum, dosen pengampuh mata kuliah Listening Comprehension III dalam wawancara dengan Suara Uniflor  pada Senin (22/12),2014 mengatakan, mahasiswa program studi Sastra Inggris Uniflor menggunakan Lab. Bahasa untuk kegiatan menyimak (Listening Comprehension) dan percakapan (Conversation). Dengan adanya peralatan Lab. Bahasa yang cukup memadai, mahasiswa disini merasakan penguasaan Bahasa Inggrisnya meningkat secara signifikan. Sebagai contoh, mahasiswa melakukan simulasi dengan cara menyimak percakapan (Spoken English) penutur asli melalui kaset recorder atau CD/DVD dan menonton video Bahasa Inggris melalui screen LCD, serta simulasi cara berkomunikasi dengan mengucapkan kata-kata bahasa Inggris dengan benar dan tepat sesuai ujaran penutur asli, tandasnya. 

    Lebih lanjut Ibu Yofita Lawe Duka, S.S., M.Tesol sebagai Kepala Lab. bahasa menjelaskan pembelajaran beberapa mata kuliah program studi Sastra Inggris Uniflor dilakukan di Lab. Bahasa, diantaranya Listening I-IV, Phonology, TOEFL Preparation  dan Test TOEFL. Universitas Flores telah menyediakan  peralatan laboratorium (Lab) bahasa sesuai standard. Lab Bahasa dibangun tahun 2002 di Kampus I dan bernaung di bawah Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Uniflor. Pada tahun itu peralatan lab masih manual, namun pada tahun 2009 sekitar bulan April semua peralatan Lab. bahasa diganti dengan peralatan multimedia yang lebih optimal penggunaannya.  (eis). (Suara Uniflor, Flores Pos, Senin, 5 Januari 2015).

     

Berita Terkait