Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Mengembangkan Arsitektur Berbasis Kearifan Lokal

    2016-06-03 08:56:49
    Images

    Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang melalui tiga dosen berkesempatan memberikan kuliah umum di Fakultas Teknik,  Program Studi (Prodi) Arsitektur, Universitas Flores.  Mereka adalah Prof. Ir. Antariksa, M.Eng., Ph.D., Abraham M. Rijal, S.T., M.T., dan Agung Murti Nugroho, S.T., M.T., Ph.D. Kuliah yang berlangsung Rabu (25/5) tersebut dihadiri oleh Ketua Prodi Arsitektur Uniflor Febiola Kerong, S.T.,M.T., para dosen arsitektur, dan mahasiswa di Kampus Prodi Arsitektur Uniflor. 

    Dalam kuliahnya, Prof. Ir. Antariksa, M.Eng., Ph.D., mengatakan bahwa NTT sebagai daerah yang sangat kaya akan obyek penelitian. Namun, ada rasa kekuatiran akan banyaknya obyek studi penelitian yang belum banyak diminati putra daerah sendiri sehingga berpotensi akan diambil dan dieksplore oleh negara lain. Berdasarkan pengalaman akademiknya, beliau menilai bahwa secara akademik rata-rata lulusan putra NTT lebih cepat selesai masa studinya dikarenakan telah memiliki banyak obyek studi sendiri dari daerah asalnya sehingga lebih memudahkan mereka dalam melakukan penelitian. Ini keunggulan yang mestinya terus-menerus disadari dan semakin diupayakan. “Bilamana kerja sama ini terus berlanjut akan terbangun suatu sinergi kerja sama dengan Unibraw Malang terutama demi melakukan studi-studi berbasis kearifan lokal dan budaya beserta pelestariannya. Tidak menutup kemungkinan akan terjadinya pertukaran mahasiswa dengan sistem pembelajaran langsung,“ sebut Prof Antariksa.

    Rencananya akademisi dari Unibraw Malang akan melakukan pemetaan udara pada obyek-obyek yang ada di Wilayah Ende untuk penelitian menggunakan bantuan drone, yaitu teknologi berupa alat perekam gambar atau video tanpa awak yang cara kerjanya dengan diterbangkan. Selepas memberikan kuliah, tim menemui Rektor Uniflor Prof. Dr. Stephanus Djawanai, M.A., di ruang kerjanya. Agung Murti Nugroho, S.T., M.T., Ph.D., mewakili tim menyampaikan bahwa ini bentuk inisiasi kerja sama yang digagas dan berfokus pada arsitektur kearifan lokal. “Nantinya akan melalui suatu prosedur terlebih dahulu sehingga diharapkan menjadi tindakan nyata dalam suatu kegiatan bersama dari kedua lembaga pendidikan tinggi ini”, ucapnya. “Sebagai pimpinan lembaga tinggi Uniflor, saya menyambut gembira rencana ini, sebagai implementasi pembangunan bersama kawasan budaya di Flores Lembata” ujar Prof. Dr. Stephanus Djawanai, M.A., (Oca)

    Keterangan gambar : Rektor Uniflor Prof. Dr. Stephanus Djawanai, M.A., bersama tim dosen  dari Unibraw Malang Abraham M. Rijal, S.T.,M.T, dan Agung Murti Nugroho, S.T., M.T.,Ph.D., para Wakil Rektor Uniflor di ruang kerja Rektor (atas); dan suasana kuliah tamu oleh dosen Unibraw Malang di Prodi Arsitektur Uniflor (bawah) (25/5).

    Berita telah diterbitkan pada Rubrik Suara Uniflor, Harian Umum Flores Pos  edisi 28 Mei 2016. Rubrik dikelola oleh UPT Humas dan Publikasi Uniflor.

Berita Terkait