Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Mengenal Kualitas Terbaik di Sekitar Kita

    2015-06-30 09:06:04
    Images

    Mengenal Kualitas Terbaik di Sekitar Kita

     

    “Kita akan belajar bersama-sama, bermain-main dan bersenang-senang tidak hanya di ruang kelas, melainkan lebih banyak di luar kelas. Kita juga akan belajar bersama hal-hal yang barangkali tidak secara langsung berhubungan dengan arsitektur, namun akan menjadi modal penting untuk menjadi seorang arsitek yang memiliki kepekaan terhadap persoalan-persoalan riil di tengah-tengah kehidupan kita” (Gede Kresna, Arsitek Rumah Intaran Bali).

    Kutipan di atas berasal dari surat terbuka Arsitek Rumah Intaran Bali, Gede Kresna, kepada dosen Prodi Teknik Arsitektur Uniflor Mukhlis A. Mukhtar, S.T, M.T, dalam rencana kegiatan workshop yang akan berlangsung pada 19-21 Januari 2015. Workshop yang merupakan kerjasama antara Rumah Intaran Bali dengan Prodi Teknik Arsitektur Uniflor tersebut bertema “Mengenal Kualitas Terbaik di Sekitar Kita.” Sebelumnya telah terjalin kerja sama antara keduanya, di mana Rumah Intaran Bali merekomendasikan tiga mahasiswa Prodi Teknik Arsitektur untuk magang ke Darwin, Australia.

    “Peserta workshop adalah mahasiswa Prodi Teknik Arsitektur, dan kami harap materi yang diberikan benar-benar dimanfaatkan. Seperti kata Pak Gede Kresna, materi-materi tersebut niscaya menjadi modal mereka menjadi arsitek andal,” tutur Mukhlis saat diwawancarai oleh tim Suara Uniflor.

    Hari pertama workshop akan diisi dengan kegiatan presentasi singkat tentang Rumah Intaran Bali, arsitektur ramah lingkungan, material natural, potensi kepariwisataan desa di Nusantara, dan pemaparan tema “Mengenal Kualitas Terbaik di Sekitar Kita” seperti memetakan potensi di dekat tempat tinggal, menemukan kualitas tersembunyi di sekitar kita, keliling kota dan melihat derap kehidupan masyarakat, melihat sepintas arsitektur dan penataan Kota Ende.

    Kegiatan hari kedua adalah blusukan ke pasar tradisional, bertemu dengan Bupati Ende Ir. Marsel Petu untuk diskusi mengenai kepariwisataan, mengunjungi desa tradisional atau proyek yang sedang dilakukan  oleh Komunitas Pecinta Arsitektur Flores.

    Kegiatan hari ketiga adalah workshop pemetaan material natural yang ada di Ende dan sekitarnya, presentasi oleh mahasiswa/peserta, diskusi, pengumpulan catatan oleh mahasiswa, penjilidan buku catatan “Mengenal Kualitas Terbaik di Sekitar Kita,” penyerahan sapu lidi oleh Gede Kresna bersama Relawan Pecinta Taman Bung Karno dan presentasi di SDK Ende 8 tentang Intaran karena di sekitar sekolah terdapat pohon Intaran. (2teh).

    (Suara Uniflor, Flores Pos, Sabtu, 17 Januari 2015).

Berita Terkait