Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Olahraga Futsal di Kota Ende

    2015-08-08 19:38:44
    Images

    Olahraga Futsal di Kota Ende


    Oleh Paulus Didymus da Costa, S.E.

    Karyawan pada Sekretariat Yayasan Perguruan Tinggi Flores (Yapertif), Ende,

    Email: dacostadidy@gmail.com, Hp 081337869965

     

    Salah satu cabang olahraga yang cukup banyak diminati pada akhir-akhir adalah cabang olahraga futsal. Di tingkat dunia, olahraga futsal termasuk cabang olahraga favorit. Futsal masuk  Indonesia pada akhir tahun 1990-an. Berkembang pesatnya futsal di Indonesia sekitar tahun 2002-an. Sejak itu futsal menjadi cabang olahraga primadona di berbagai daerah di Indonesia.

    Olahraga futsal di Indonesia berkembang cukup pesat, bahkan di beberapa kota olahraga futsal di samping sebagai sebuah jenis olahraga, juga sebagai gaya hidup (life style). Itu terjadi di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Makasar, dan lain-lain. Futsal digemari oleh berbagai kalangan masyarakat, dari anak kecil, remaja sampai orang dewasa, tidak hanya kaum pria, juga belakangan ini diminati kaum wanita.

    Futsal menjadi pilihan untuk mengisi waktu luang atau melepas stres dan ketegangan dari rutinitas keseharian. Perlengkapan olahraga futsal juga sangat praktis dan dimainkan dengan jumlah pemain yang tidak sebanyak sepak bola (bola kaki). Selain itu, futsal dapat dimainkan kapan saja, apalagi kalau dimainkan dalam ruangan. Pada kenyataannya, futsal tidak beda jauh dengan sepak bola. Kalau penggemar sepak bola melimpah di seluruh pelosok Indonesia, penggemar futsal juga demikian.

    Futsal juga menjadi salah satu pilihan untuk menyalurkan kesenangan terhadap sepak bola. Tidak heran jika kita melihat di berbagai kompleks perumahan dan sudut-sudut kampung, lahan-lahan kosong dimanfaatkan orang untuk bermain futsal. Untuk tujuan yang sama, lapangan basket, lapangan bulutangkis, dan bola voli pun berubah fungsi menjadi lapangan futsal. Malah ada yang menyulap bekas gudang menjadi lapangan futsal. Minat sebagian masyarakat akan olahraga futsal tidak akan berkurang meski sewa lapangan futsal meningkat pada akhir-akhir ini.

    Sebagaimana perkembangan olahraga futsal di berbagai kota di Indonesia dan di Nusa Tenggara Timur (NTT), perkembangan olahraga futsal di Kota Ende juga cukup membanggakan  pada akhir-akhir ini. Minat terhadap olahraga futsal semakin meningkat di kota bersejarah ini. Meningkatnya minat terhadap futsal ini dapat dilihat dengan makin bertambahnya jumlah klub atau perkumpulan futsal di Kota Ende serta bertambahnya jumlah lapangan futsal yang representatif  yang dibangun sesuai dengan standar nasional.

    Dengan diadakannya berbagai kejuaraan/lomba futsat, baik di tingkat Kota Ende maupun  di tingkat Provinsi NTT, akan berdampak positif pada perkembangan olahraga futsal di Kota Ende. Hanya sayangnya, kejuaraan-kejuaraan futsal di tingkat kabupaten dan provinsi masih bersifat musiman. Untuk itu, dibutuhkan strategi penyelenggaraan kejuaraan futsal secara teratur, berjenjang, dan berkelanjutan di daerah kabupaten untuk berbagai golongan, misalnya untuk para siswa, mahasiswa, kalangan pemerintah, swasta, dan masyarakat umum.

    Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak untuk penyelenggaraan kejuaraan futsal yang teratur dan berkelanjutan, maka akan mampu melahirkan para pemain maupun klub atau perkumpulan futsal yang tangguh dan mampu bersaing di tingkat provinsi maupun nasional. Sebagai ajang olahraga yang digemari dan sudah merakyat, kejuaraan futsal juga sebagai sarana untuk dapat memupuk rasa persaudaraan dan kebersamaan antara klub atau perkumpulan futsal. Yang lebih penting lagi, kejuaraan futsal akan dapat menjauhkan generasi muda dari berbagai penyakit sosial, seperti pergaulan bebas, minuman keras, dan narkoba.

    Di Kota Ende belum ada manajemen organisasi olahraga futsal yang berperan aktif dalam membina dan mengembangkan prestasi olahraga futsal. Oleh karena itu, dibutuhkan kerja sama antara pemerintah, swasta, lembaga pendidikan, pegiat olahraga, dan masyarakat umum untuk melakukan pembinaan bagi klub atau perkumpulan olahraga futsal, agar lebih maju dan profesional, lebih siap bersaing dalam berbagai kejuaraan di tingkat provinsi dan nasional.

    Pemerintah daerah dan swasta diharapkan untuk menyiapkan berbagai sarana dan prasarana lapangan futsal yang representatif di Kota Ende ini, yang mudah dijangkau dan tarifnya murah bagi semua lapisan masyarakat. Dusahakan agar tarif jangan menjadi kendala bagi masyarakat umum untuk berolahraga futsal, terutama untuk para siswa dan mahasiswa.

    Dengan adanya pembinaan dan pengembangan prestasi olahraga futsal yang teratur,  sistematis, dan berkesinambungan, akan memberi jaminan pencapaian prestasi yang dapat diraih. Ukurannya apabila meraih prestasi di tingkat provinsi dan nasional. Penyelenggaraan kejuaraan futsal yang teratur dan berkelanjutan juga dapat meningkatkan keterampilan, keahlian, kerja sama, dan  pembinaan mental kerja keras dan setia kawan bagi para pemain.

    Kita harapkan dalam beberapa tahun ke depan kita memiliki para pemain atau tim futsal yang handal yang lahir dari berbagai lapisan masyarakat. Apabila ada klub futsal yang handal dan mampu bersaing di tingkat provinsi dan nasional maka akan menjadi kebanggaan bagi pemerintah dan warga masyarakat Kota Ende. Apalagi kalau warga kota menyaksikan langsung pertandingan lewat berbagai media elektronik, misalnya lewat televisi, maka akan tumbuhlah rasa persatuan dan persaudaraan  para warga masyarakat Kota Ende. *

    (Suara Uniflor, Flores Pos, Sabtu, 27 Juni 2015).

     

Berita Terkait