Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • PGSD Gelar Pekan Seni Budaya Flores Lembata

    2015-05-11 09:58:04
    Images

    PGSD Gelar Pekan Seni Budaya Flores Lembata

               

    Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Prodi PGSD) Uniflor kembali menggelar Pekan Seni Budaya Flores Lembata di Auditorium Uniflor pada Jumat (20/6). Pagelaran mengambil tema “Budaya Lokal Penangkal Pengaruh Negatif Globalisasi.” Dibuka secara resmi oleh Rektor Uniflor, Prof. Dr. Stephanus Djawanai, M.A. Turut hadir Wakil Ketua Yapertif, Ana Maria Gadi Djou, S.H, M.Hum dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Ende, Marmi Kusuma, S.H mewakili Bupati Ende, Ir. Marsel Petu.

    Lewat sambutannya Bupati Ende mengharapkan agar pagelaran seni budaya seperti ini dilakukan secara rutin setiap tahun dan akan dijadikan “kalender pariwisata tetap” oleh Pemda Ende dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Ende. Usulan ini mendapat tepukan tangan meriah dari seribuan sivitas akademika Uniflor yang hadir.

                Menurut Rektor Uniflor, pagelaran seni budaya seperti ini adalah usaha meningkatkan kepedulian terhadap budaya leluhur yang kini mulai merosot. Menurutnya, harus ada upaya nyata untuk mengangkatnya kembali dengan merayakan kebhinekaan suku yang merupakan jatidiri daerah dan bangsa. Dari jatidiri inilah para mahasiswa tergerak untuk memulai usaha mengangkat seni budaya daerahnya.

    Rektor Djawanai menyoroti penggunaan bambu sebagai dekorasi panggung pada acara pagelaran ini. Menurut beliau, bambu merupakan simbol kearifan lokal yang selalu digunakan para leluhur dalam keseharian hidup mereka. Bambu adalah unsur alam yang kuat bahkan lebih kuat dari besi untuk tulang beton karena mampu menjadi kerangka bangunan yang bertahan lama.

                Usai acara pembukaan para tamu undangan mendapat kesempatan untuk mengunjungi stan pameran para mahasiswa PGSD yang berada di halaman samping barat Auditorium Uniflor. Rombongan tamu masuk satu per satu stan yang dibuat seperti rumah panggung berbahan dasar bamboo.

    Para tamu undangan menyaksikan berbagai jenis hasil bumi, kerajinan tangan, dan kuliner daerah yang disajikan dengan menggunakan tempurung kelapa dan gerabah dari tanah liat yang disuguhkan dengan tarian dan nyanyian dari berbagai daerah di Flores Lembata. Kreativitas para mahasiswa PGSD berupa berbagai jenis kerajinan tangan mendapat perhatian khusus para tamu dan pengunjung. (oca).(Suara Uniflor, Flores Pos,Sabtu,28/6/2014).

     

Berita Terkait