Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • PGSD Uniflor Selenggarakan Lokakarya Penelitian Tindakan Kelas

    2016-05-27 08:18:28
    Images

    Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), FKIP, Uniflor menyelenggarakan lokakarya Penelitian Tindakan Kelas, 23 April 2016, di Auditorium H.J.Gadi Djou Ende, diikuti oleh guru-guru se-kabupaten Ende, dan mahasiswa PGSD Uniflor. Tampil sebagai pemateri tiga dosen Prodi, Maria Emanuela Ewo, S.Pd.,M.Pd., menyampaikan materi “Mendesain Penelitian Tindakan Kelas”, Ferdinandus Etuasius Dole, M.Pd., menyampaikan materi “Teknik Mengutip dan Menulis Daftar Pustaka Menggunakan Harvard-American Psychological Association (APA) Style”, dan Gregorius Sebo Bito, M.Pd., menyampaikan materi “Menulis Karya Ilmiah Hasil Penelitian Tindakan Kelas”.

     

    Dekan FKIP, Drs. Yosef Tomi Roe, M.Pd., ketika membuka lokakarya tersebut menyampaikan bahwa penelitian tindakan kelas merupakan metode reflektif yang bisa dilakukan oleh para guru dan dosen dalam usaha mengembangkan teknik mengajar di kelas. Ia mengharapkan agar para peserta bisa menulis hasil penelitian untuk jurnal ilmiah. Proses ini dilalui sebagai bagian mendiseminasi hasil pemikiran kepada para guru demi peningkatan mutu pendidikan kita, tegasnya.” Tomi Roe memberikan apresiasi kepada para guru yang telah meluangkan waktu untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru dalam meneliti permasalahan-permasalahan di kelas,“ lanjutnya.

    Maria Emanuela Ewo, S.Pd.,M.Pd., pada sesi pertama lokakarya menegaskan pentingnya metode reflektif ketika seorang guru melakukan evaluasi hasil belajar siswa di kelas untuk menghindari kecenderungan para pendidik yang hanya menimpakan kesalahan pada siswa karena hasil belajar yang kurang maksimal. Menurutnya, para pendidik harus berani melakukan evaluasi yang menyeluruh agar bisa mengembangkan teknik mengajar untuk meningkatkan kemampuan siswa secara berkelanjutan”. (eka)

    Berita telah diterbitkan pada Rubrik Suara Uniflor, Harian Umum Flores Pos  edisi 30 April 2016. Rubrik dikelola oleh UPT Humas dan Publikasi Uniflor.


Berita Terkait