Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • PKKMB Universitas Flores Tahun Akademik 2017/2018

    2017-09-11 13:10:17
    Images

    PKKMB Universitas Flores Tahun Akademik 2017/2018

     

     

    Ujian saringan masuk perguruan tinggi swasta, Universitas Flores, gelombang pertama dan kedua telah berakhir, dengan menghasilkan lulusan mahasiswa baru yang akan segera mengikuti pengenalan kehidupan kampus.  Bagi mahasiswa yang dinyatakan lulus masuk Universitas Flores segera mendaftarkan diri untuk mengikuti PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) Tahun akademik 2017/2018. Syarat mengikuti PKKMB adalah dengan menunjukkan bukti registrasi  yang telah tervalidasi oleh bank yang ditunjuk, agar terdaftar sebagai peserta PKKMB.

    Program pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru akan dimulai tanggal 14–21 Agustus, di Universitas Flores. Pada tanggal 10 Agustus 2017 akan ada pengarahan dari panitia mengenai tata tertib dan pelaksanaan PKKMB. Kegiatan ini merupakan kegiatan awal bagi peserta didik yang akan menempuh jenjang perguruan tinggi, dalam rangka menyiapkan mental serta memberi gambaran tentang sistem pembelajaran dan kehidupan kampus.

    Ketua Panitia PKKMB Yustina M.S.W. Pu’u, SP., MP., menjelaskan, program pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru adalah program yang dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman baru tentang kehidupan akademik di kampus, melalui berbagi informasi akademik dan kemahasiswaan. Yus menggambaran bahwa kegiatan PKKMB akan dikemas dengan tema “Mewujudkan Generasi Berkualitas Berbasis Budaya Kreatif, Inovatif, dan Mandiri”, dengan metode pelaksanaannya adalah ceramah, tanya jawab, dialog intraktif, diskusi, serta simulasi.

                Materi yang akan disajikan pada PKKMB antara lain pengenalan kehidupan berbangsa dan bernegara, general education, fungsi dan peran pendidikan tinggi di Indonesia, pendidikan hak asasi manusia berperspektif gender, kegiatan akademik di perguruan tinggi, pengenalan nilai budaya, tata karma dan etika keilmuan, organisasi dan kegiatan mahasiswa, layanan kemahasiswaan, layanan administrasi akademik, layanan administrasi umum dan kemahasiswaan, layanan perpustakaan, sistem informasi akademik, persiapan penyesuaian diri di perguruan tinggi, prospek kerja lulusan perguruan tinggi, kehidupan tanpa narkoba, pendidikan anti korupsi, plagiarisme, layanan klinik Uniflor dan pendidikan kesehatan bahaya HIV/AIDS, radikalisme, kewirausahaan, dan mutu pendidikan tinggi.

                Panitia PKKMB melarang adanya tindakan yang merendahkan harkat dan martabat manusia, penghinaan pada mahasiswa baik secara verbal ataupun fisik. Karena pada dasarnya, pengenalan kehidupan kampus merupakan pintu ilmu bagi mahasiswa-mahasiswi. Pintu itu akan dibuka, dicermati atau dipelajari secara saksama oleh mahasiswa-mahasiswi baru untuk memperdalam ilmunya. Bukan hanya mengasah fisik semata tetapi lebih ditekankan pada intelektual mahasiswa. (oca)

     

Berita Terkait