Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Pasar Tradisional di Kota Ende Menjadi Lokasi KKN Uniflor 2016

    2016-10-05 08:22:14
    Images

    Melalui Desain Model KKN tematik berbasis lokasi, dan Desain Model KKN tematik berbasis kemitraan, KKN Uniflor 2016 menjadikan dua pasar tradisional di kota Ende sebagai lokasi KKN.  

    Di Pasar Potulando, Jalan Kelimutu Ende, misalnya, mahasiswa melakukan sosialisasi relokasi pemindahan pedagang Pasar Potulando ke Pasar Sementara yang berlokasi di Kelurahan Onekore (tanah milik kantor pertanahan). Selain itu, mahasiswa melakukan penyuluhan kesehatan, terutama tentang perilaku hidup sehat melalui pembuatan dan penempatan bak sampah di bagian belakang Pasar Potulando disertai dengan pembuatan dan pemasangan papan kesehatan "Buanglah Sampah pada Tempatnya". Papan ini semacam menjadi papan pengingat mengingatkan warga pasar untuk selalu membuang sampah pada tempatnya, serta bersama warga pasar melakukan pembersihan Pasar Potulando setiap Jumat, dan pembuatan garis parkir.

    Di Pasar Mbongawani Ende, mahasiswa menjalin kerja sama dengan mahasiswa di Kelurahan Rewarangga Selatan dengan jaringan Relawan Bung Karno membersihkan pasar secara rutin dan membagikan payung di Pasar Mbongawani dan Pasar Wolowona, serta peduli pendidikan dengan ikut membantu menjual PIN Peduli Pendidikan.

    Di Desa Manulondo, Ndona mahasiswa membantu para kelompok peternak sapi mengerjakan pangkuan mesin yang digunakan untuk produksi pupuk dari kotoran sapi. Para mahasiswa KKN juga membantu menyiapkan pakan ternak. Di wilayah Kecamatan Adonara Barat, mahasiswa membantu kegiatan pembenahan administrasi desa. Peserta KKN di Desa Kimakamak mengerjakan tugu desa. Hal yang sama juga dikerjakan oleh mahasiswa di Desa Nubalema.

    Jerry Koda, staf administrasi pada Pusat Pengelolaan dan Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (P3KKN) Uniflor menyampaikan bahwa kegiatan KKN 2016 dapat terselenggara berkat dukungan dari masyarakat yang telah bersedia menerima kehadiran mahasiswa di tengah-tengah kehidupannya selaku pembelajar. Selaku Staf P3KKN, Jerry berharap agar mahasiswa yang nantinya akan lulus menjadi sarjana dapat membawa hal-hal yang baik bagi kemajuan masyarakat. Peserta KKN Uniflor tahun 2016 telah menyelesaikan pengabdiannya pada 17 September 2016 lalu. (Eka)

Berita Terkait