Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Pelatihan Pekerja Konstruksi Bangunan Tahan Gempa

    2016-09-07 08:40:39
    Images

    Pusat Studi Bencana Alam Universitas Flores (PSBA) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ende, didukung CaRED Program Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan pekerja konstruksi bangunan dan pengintegrasian materi pembelajaran pada sekolah kejuruan untuk membangun bangunan yang lebih tahan gempa, bertempat di Fakultas Teknik Universitas Flores (Uniflor), 21–23 Agustus 2016. Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Murdaningsih, S.P.,M.P mewakili Rektor Uniflor Prof. Dr. Stephanus Djawanai.,M.A.

    Ashar Saputra S.T., M.T.,Ph.D menyampaikan bahwa wilayah Ende, dan Flores umumnya, secara geografis terletak di antara dua garis pertemuan lempeng benua. Daerah seperti ini memiliki resiko mengalami bencana gempa yang cukup tinggi dan berpotensi menelan korban jiwa. Untuk mengurangi resiko bencana di suatu wilayah, perlu adanya usaha-usaha mitigasi mengurangi resiko bencana. Salah satunya dengan meningkatkan kesiapsiagaan meningkatkan kualitas rumah tinggal bangunan tembokan. Pengetahuan dan pemahaman mengenai bangunan dan rumah tinggal yang tahan gempa perlu diberikan di sekolah menengah kejuruan bagian bangunan. Menurut Ashar Saputra, rencananya sebagian materi pelatihan akan dipersiapkan sebagai muatan lokal  yang berisikan kurikulum mengenai bangunan yang lebih aman menghadapi gempa. Kabid I dari BPBD Kabupaten Ende Abdurahman Gedho menyampaikan harapannya agar kegiatan pelatihan ini dapat menjawab tantangan kita bersama dalam membangun bangunan yang ramah terhadap bencana mengingat Ende rawan akan bencana gempa.

    Peserta pelatihan berasal dari Guru STM, tukang dan pekerja bangunan, konsultan dan kontraktor, serta SKPD terkait. Kegiatan hari pertama setelah pembukaan dilaksanakan paparan materi mengenai “Beberapa Kekeliruan dalam Pelaksanaan Pekerjaan Konstruksi Bangunan (RumahTangga)” oleh Mikael Wora,S.T.,M.T Ketua PSBA Uniflor,  “Desain Bangunan Tahan Gempa” oleh Ashar Saputra, S.T, M.T.,Ph.D dari CaRED Program Universitas Gajdah Mada, dan persiapan praktik lapangan oleh worksman trainer. Hari kedua tukang dan pekerja bangunan diajak ke lokasi di luar Kampus Uniflor untuk praktik penulangan, pembuatan beton dan pemasangan bata merah yang akan dipandu oleh instruktur tukang dari CaRED Program Universitas Gadjah Mada. Sedangkan untuk peserta dari sekolah melakukan diskusi existing kurikulum dan diskusi pengayaan kurikulum bangunan tahan gempa. Untuk SKPD terkait lebih pada menyusun anggaran persiapan mitigasi bencana gempa untuk tahun mendatang. Pelatihan ditutup pada hari ketiga di Aula Lt.2 Fakultas Teknik Uniflor. (Oca)


    Berita telah dimuat pada Rubrik Suara Uniflor pada Harian Umum Flores Pos Edisi 13 Agustus 2016. Rubrik dikelola oleh UPT Humas dan Publikasi Uniflor.

Berita Terkait