Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Peradilan Semu Di Fakultas Hukum

    2015-11-02 08:36:50
    Images

    Peradilan Semu di Fakultas Hukum

     

    Pada Sabtu (30/5/2015) mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Flores (FH Uniflor) menggelar Peradilan Semu dengan mengangkat kasus sengketa tanah. Kegiatan dimulai pada pukul 10.00, dihadiri para mahasiswa peserta Peradilan Semu sebanyak 24 orang, para dosen, para mahasiswa sebagai peninjau, dan para undangan lainnya. Turut hadir Warek IV Uniflor, Sakura Alfonsus, S.H, M.H.

    Ketua Panitia Peradilan Semu, Hendrikus Haipon, S.H, M.Hum, menegaskan,  kegiatan ini digelar, di samping sebagai salah satu syarat kelulusan, juga melatih diri dan menambah ilmu di bidang peradilan.

    “Peradilan Semu adalah kegiatan yang wajib digelar mahasiswa dan menjadi bekal mereka setelah menyelesaikan kuliah nanti. Jika nanti mereka bekerja di lembaga peradilan,  seperti di pengadilan, kejaksaan, atau berprofesi sebagai pengacara, mereka sudah terbiasa menghadapi suasana sidang peradilan karena Peradilan Semu menghadirkan suasana sidang seperti yang sebenarnya,” kata Haipon kepada Suara Uniflor seusai kegiatan.  

    Dalam sambutan pembukaan, Dekan FH Uniflor, Christiana Sri Murni, S.H, M.Hum, mengatakan, para mahasiswa yang menjadi peserta Peradilan Semu dituntut untuk dapat menganalisis kasus dan tindakan-tindakan yang perlu dilakukan oleh penegak hukum dalam menangani perkara di pengadilan. Mahasiswa harus menguasai permasalahan ilmu hukum dalam perdebatan-perdebatan berdasarkan kerangka berpikir yuridis dan normatif.             “Mahasiswa harus mampu membuat berkas gugatan, memediasi para pihak yang berpekara, membuat jawaban eksepsi, replik, duplik, pemeriksaan para saksi dan alat bukti, kesimmpulan, dan memutuskan perkara secara adil. Semuanya itu pada akhirnya akan menghasilkan sarjana hukum yang profesional,” kata Dekan Sri Murni. (2teh)

    (Suara Uniflor, Flores Pos, 6 Juni 2015).

     

     

Berita Terkait