Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Prodi Sejarah Meriahkan Hari Pahlawan Dengan Aneka Kegiatan

    2017-12-12 12:54:18
    Images

    Prodi Sejarah Meriahkan Hari Pahlawan dengan Aneka Kegiatan

     

     

    Foto: Bapak Drs. Amatus Peta (kiri) dan Samingan, S.Pd., M.Pd (kanan) sebagai pemateri dalam kegiatan Seminar sehari (11/10) dengan tema tentang Makna, Motivasi Perjuangan Kaum Muda.

     

                Sebanyak 300 mahasiswa dan dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Sejarah Universitas Flores (Uniflor) memberikan penghormatan kepada para pahlawan dengan menunjukan sikap peduli terhadap lingkungan. Kepedulian tersebut diwujudkan melalui napak tilas sekaligus membersihkan lokasi Taman Makam Pahlawan Maribhara Wolowona. Kegiatan ini menandai rangkaian kegiatan sepekan memeperingati Hari Pahlawan 2017. Kegiatan ini berlangsung pada (10/11), dimulai dengan membersihkan areal  jalan sepanjang jalan Wolowona menuju patung Pahlawan Daerah Ende Lio Marilonga. Sebelumnya, rombongan mengambil titik star dari lokasi Kampus 2 Uniflor, dengan jalan sehat mulai pukul 06.00 Wita.

     

     

                Selain napak tilas dan pembersihan lokasi Taman Makam Pahlawa, untuk menambah pengetahuan serta wawasan sejarah kepahlawanan, digelar kegiatan seminar sehari pada (11/11) bertempat di Aula PGSD Kampus 2 Uniflor, menghadirkan dua orang pemateri, yakni Drs. Amatus Peta dan Samingan, S.Pd., M.Pd.

    Amatus Peta dalam pemaparannya menekankan pada aspek etis dan moral melalui nilai-nilai kepahlawanan yang telah ditinggalkan para pahlawan dahulu. Nilai-nilai etis dan moral ini hendaknya menjadi panduan bagi generasi zaman ini. “Saya menekankan pada aneka nilai etis dan moral yang ditinggalkan para pahlawan kita dahulu. Nilai-nilai tersebut hendaknya menjadi pegangan hidup kita, terutama generasi muda dalam kehidupannya sehar-hari. Dan, nilai-nilai yang demikian mesti diamalkan dalam kehidupan sekarang ini,”

    Pada aspek yang lain, Amatus memberi apresiasi kepada mahasiswa atas berbagai partisipasi dalam aneka kegiatan selama ini. Kegiatan-kegiatan ini merupakan bentuk sikap kepahlawanan untuk mampu mempertahankan keberlangsungan nilai-nilai sejarah, termasuk sejarah daerah kita. Dalam pemaparan materinya, Amatus Peta juga memunculkan berbagai karakter kepemimpinan, termasuk kepemimpinan yang ada pada tokoh pahlawan Marilonga yang patut diimplementasikan pada kehidupan saat ini.

    Samingan, dosen Prodi sejarah menegaskan pada aspek internalisasi dan pembatinan nilai-nilai kepahlawanan. Menurut Samingan, yang lebih penting saat ini adalah mengimplementasikan nilai-nilai kepahlawanan tersebut. “Hemat saya, mahasiswa tidak saja mengetahui secara teoretis, namun yang lebih penting adalah mengimplementasikan atau melaksanakan nilai-nilai tersebut secara nyata dalam kehidupan bermasyarakat.” Lanjut Samingan, implementasi yang paling faktual adalah mahasiswa menyiapkan diri secara matang melalui belajar dengan sungguh-sungguh untuk mengetahui banyak hal, agar suatu saat dapat digunakan membantu masyarakat memecahkan persoalan-persoalan di masyarakat. Dengan demikian, ilmu yang diperoleh digunakan demi kemaslahatan masyarakat.   

    Rangkain peringatan hari Pahlawan 2017 akan diakhiri dengan “Malam Bhineka Tunggal Ika” pada Sabtu (18/11) di pelataran Kampus 2 Uniflor. Dosen Prodi Pendidikan Sejarah, Karolus Charles Bego, SH., M.Sc., ditemui di sela-selah persiapan kegiatan “Malam Bhineka Tunggal Ika” menyebutkan bahwa tujuan digelarnya acara ini sebagai apresiasi atas keberagaman bangsa ini. Menyadari keberagaman itulah, aneka kegiatan akan ditampilkan untuk semakin memperkuat sikap nasionalisme di kalangan mahasiswa. Ada aneka pagelaran tarian daerah, dan aneka budaya lain yang bisa disaksikan dalam acara ini. (As)    

Berita Terkait