Fakultas & Program Studi


EVENTS

  • Sarasehan Nusantara Imbasadi 2016

    2016-07-02 11:23:55
    Images

    Langkah konkrit revitalisasi identitas atau jati diri lokal, termasuk revitalisasi bahasa dan sastra daerah adalah melakukan penelitian dan publikasi yang dideseminasi melalui kegiatan ilmiah. Langkah ini ditempuh untuk menyelamatkan berbagai bahasa dan sastra daerah di negeri ini yang terancam punah. Gambaran jati diri lokal tersebut tidak juga tampak pada bahasa dan sastra daerah, namun juga tampak dalam berbagai produk budaya lain, seperti tarian-tarian daerah, musik daerah, berbagai folklore, mitos, dan sebagainya.

    Merasa ikut bertanggung jawab terhadap upaya ini, maka Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Daerah (Imbasadi) se-Indonesia menyelenggarakan Sarasehan Nusantara Imbasadi 2016, di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya, 10–12 Mei 2016. Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Flores mengutus tiga peserta dalam kegiatan ini, yakni Rosalinda Deran Ukel, Novianti Nona, dan Valentina Naf. Ketua Tim Rosalinda Deran Ukel menyampaikan hal itu kepada Suara Uniflor beberapa waktu lalu. Linda mengungkapkan bahwa makalah yang ditulis oleh tim PBSI Uniflor lolos seleksi panitya dan mendapat kesempatan untuk menyajikannya dalam acara Seminar Nasional bersama dua tim yang lain dari Universitas Indonesia dan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. Makalah dengan topik Analisis Perubahan Bentuk Kepemilikan dalam Bahasa Lamaholot di Desa Lamanale Kecamatan Ile Boleng Kabupaten Flores Timur, disajikan dengan baik dan mendapat atensi yang luar biasa dari peserta seminar. Ketua Prodi PBSI Uniflor, Imelda Oliva Wissang, S.Pd.,M.Pd., yang dimintai tanggapannya tentang keikutsertaan mahasiswanya pada sarasehan ini menyatakan kebanggaannya. “Kita berusaha terus-menerus untuk selalu terlibat dalam berbagai kegiatan mahasiswa di level lokal, regional, maupun nasional. Dengan itu, mahasiswa akan terpacu untuk menyiapkan dirinya lebih baik”. (abg)

    Keterangan Foto : dari kiri, Novianti Nona, Rosalinda Deran Ukel, dan Velentina Naf.


    Berita telah dimuat pada Rubrik Suara Uniflor, Harian Umum Flores Pos Edisi 2 Juli 2016. Rubrik dikelola oleh UPT Humas dan Publikasi Uniflor.

Berita Terkait